KSATRIA | Badung — Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti Apel Pembentukan Satgas COVID-19 Satuan Pengamanan Provinsi Bali di Pantai Kuta, Badung, Bali, Senin (20/9/2021).

Dilibatkannya personel Satpam menjadi anggota Satgas COVID-19 Satpam untuk membantu pengawasan protokol kesehatan dan implementasi aplikasi PeduliLindungi guna mencegah penyebaran COVID-19 di perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan berbagai tempat umum lainnya.

Selain itu, para petugas Satpam nantinya adalah memantau dan melakukan pencegahan aktivitas kerumunan yang dilakukan warga di tempat umum.

Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan, posisi tugas dan peran satpam tersebut nantinya berada di bawah anggota Polri.

“Sekarang kita ketahui di tempat kerja perkantoran, di mall, di tempat umum, tempat wisata, sesuai anjuran pemerintah menerapkan aplikasi PeduliLindungi, unsur yang mengawasi, mereka-mereka (satpam) ini,” katanya di sela apel pembentukan Satgas Covid-19 yang dihadiri puluhan satpam, di Pantai Kuta, Badung, Senin (20/9).

Dijelaskannya peran satpam sangat perlu dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. Terutama satpam yang berjaga di sejumlah fasilitas umum seperti mall dan tempat umum lainnya.

Para satpam ini nantinya bertugas memantau scanner aplikasi PeduliLindungi dan bila ditemukan warga terpapar Covid-19 bisa segera dikoordinasikan pada satgas Covid-19.

Sehingga saat hasil scan dari aplikasi PeduliLindungi mengeluarkan warna hitam, si satpam itu bisa berkoordinasi dengan petugas Satgas Covid setempat.

Para satpam itu dinyatakan mulai bertugas mulai pada Senin (20/9) di lingkungan kerjanya masing-masing seperti di mall, dan fasilitas pariwisata di Bali.

“Dimana, yang mempergunakan jasa satpam, dia diberi pengetahuan untuk sebagai unsur pelaksana penanggulangan Covid-19, yang akan berkerja sama dengan satgas Provinsi,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa satpam yang bertugas di lokasi pariwisata juga nantinya bisa memperketat pengawasan Prokes terhadap turis asing.

Putu juga meminta masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan prokes.”Kami juga menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan Prokes. Selalu menerapkan 3M. Mencuci tangan, memakai masker dan selalu menjaga jarak,” tukasnya.

Ia pun berharap dengan adanya Satgas Covid-19 Satpam, penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali bisa lebih optimal.”Diharapkan dengan pembentukan ini, lebih optimal lagi penanggulangan Covid di Provinsi Bali, itu tujuannya,” pungkas Jenderal bintang dua ini.[Adm]