KSATRIA | Kutai Barat — Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPC APSI) Kutai Barat, secara resmi dikukuhkan dan melantik para pengurusnya di Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (25/10/2021).

Turut hadir di antaranya Plt Asisten I Setdakab Kutai Barat, Faustinus Syaidirahman, Wakapolres Kutai Barat, DPRD Samarinda, Kecamatan Barong Tongkok, Pengadilan Negeri, Kodim 0912/KBR, Lembaga Adat Besar, Pokdar Kamtibmas serta Pimpinan Perusahaan.

Plt Asisten I Faustinus Syaidirahman, yang mewakili Bupati Kutai Barat FX Yapan berharap, APSI dapat memajukan profesi satpam serta sebagai wadah aspirasi dan hak satpam dalam ketenagakerjaan.

“Selamat bagi seluruh jajaran DPC APSI yang telah dilantik pada hari ini. Semoga asosiasi ini dapat lebih tajam dan berfokus memajukan satpam. Sebagai sebuah profesi diakui, dihormati dan dibanggakan,” ujar Faustinus Syaidirahman dalam sambutannya.

Ia pun berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah utama bagi seluruh satpam untuk dapat menyampaikan aspirasi satpam dan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas dibidang pengamanan.

“Seluruh jajaran yang dilantik haruslah optimal dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak dari satpam terkait ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan Polri,”pesannya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh organisasi, perusahaan atau intansi serta lembaga pemerintah yang menggunakan satpam sebagai pengamanan agar lebih memperhatikan kesejahteraan satpam. “Karena mengingat risiko pekerjaan yang diemban juga berat dan berisiko oleh satpam,” ujarnya.

Senada, Wakapolres Polres Kutai Barat Kompol I Nyoman Wijana, juga mengucapkan selamat atas pelantikan pengukuhan APSI periode 2021-2026.

Ia menyambut positif dengan dikukuhkannya asosiasi ini. Dan berharap APSI semakin berkembang dan mampu meningkatkan kinerja keamanan lebih baik.

“Semoga melalui wadah ini, mari membangun solidaritas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur,”ajaknya.

Sementara Ketua DPC APSI Kutai Barat, Markus Dino menjelaskan bahwa APSI adalah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia yang merupakan penjelmaan dari Asosiasi Manager Security Indonesia (AMSI).

“Pada tanggal 28 Oktober 2014 berubah menjadi APSI. “Dan hari ini sebanyak 14 pengurus DPC APSI Kutai Barat yang resmi dikukuhkan,”bebernya.[Adm]