KSATRIA | Palembang — Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan Kepolisian Republik Indonesia sangat terbantukan dengan adanya satuan pengamanan (Satpam) yang bertugas menjaga keamanan di wilayah Sumsel.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri launching aplikasi Satpam Hebat akronim dari handal, efektif, berteknologi, adaktif, dan tepercaya, di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (3/11).

Toni menjelaskan, kontribusi satpam selama ini sangat banyak dan tidak bisa dianggap remeh. Terutama di tempat-tempat keramaian seperti di bank atau di mal, yang di sana tidak memungkinkan anggota kepolisian ada, kecuali dimintai pengamanan.

Adanya satpam, lanjut Kapolda, dapat membantu polisi dalam menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing seperti mal, rumah sakit, perkantoran, pertokoan dan juga perumahan.

“Saya harap satpam makin solid dalam membantu tugas kepolisian, apalagi dengan kemajuan Iptek kita tidak boleh tertinggal,” ujar jenderal bintang satu ini.

Toni menjelaskan, jika di perumahan aman, maka polisi ikut senang karena kinerja pengamanan terbantukan. Dalam hal pengamanan, lanjutnya, satpam bisa melakukan tindakan awal.

“Satpam bisa amankan kejadian di awal lalu bisa lapor polisi dan polisi datang. Saat olah TKP, satpam bisa bantu amankan lokasi,” katanya.[Adm]