KSATRIA | Makassar–Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-ABUJAPI) Sulawesi Selatan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan tema ‘Solidaritas dan Sinergitas antar BUJP-BUJP dan BINMAS Polda Sul- Sel’ pada Sabtu, 26 September 2020 di Makassar.

Rakerda BPD ABUJAPI Sulsel dibuka oleh Kasubdit Satpam Polda Sul-Sel, AKBP Drs. Muhammad Siswa. Dalam sambutannya, ia mengatakan pentingnya meningkatkan kompetensi BUJP untuk membentuk kualitas satpam yang baik untuk menghadapi persaingan global. “Sehingga tetap mempertahankan solidaritas dan sinergitas antar BUJP,” ungkapnya.

Sementara itu itu Ketua BPD ABUJAPI Sul-Sel Wawan Hendra mengatakan Rakerda ini dilaksanakan dengan tetap mengacu pada standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.“Rakerda diikuti oleh 37 BUJP yang ada di Sulsel,” ungkapnya.

Dalam Rakerda ini, BPD ABUJAPI Sulsel membahas persoalan BUJP, satpam dan menyikapi Perpol No.4 Tahun 2020 yang baru disahkan oleh Kapolri. Diantara program prioritas ABUJAPI Sulsel adalah penyusunan dan pemutakhiran database BUJP Sulsel, sosialisasi penggunaan seragam baru, info alur penerbitan SIO dan kegiatan pelaksanaan HUT satpam ke-40.

Wawan menjelaskan, terkait penyusunan dan pemutakhiran database BUJP Sulsel, pihaknya akan menyusun dan memutakhirkan data base BUJP yang melakukan operasional di Polda Sulsel, baik BUJP lokal maupun BUJP yang perluasan. “Maksudnya untuk memudahkan klasifikasi dari BUJP, termasuk penyusunan registrasi berdasarkan SJUP dari BUJP,” jelasnya.

Sementara itu untuk sosialisasi penggunaan seragam baru, pihaknya akan menyiapkan seragam satpam yang baru dan siap untuk didistribusikan, “Sekarang pihak ABUJAPI Sulsel menunggu berapa besaran biaya dari pada seragam yang baru,” paparnya.

Terkait penerbiatan surat keterangan keanggotaan, pihak BUJP masih mengkonsultasikan langsung ke pihak sekretariat. Sementara itu terkait pelaksanan kegiatan HUT Satpam menjadi agenda rutin dari ABUJAPI Sulsel. “Diharapkan keterliabatan dari BUJP untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan HUT Satpam ke-40,” jelasnya. [adm]