KSATRIA | Makassar –Satpam dulu dengan sekarang sangatlah berbeda. Pasalnya, saat ini satpam merupakan sebuah profesi tersendiri yang tidak berbeda dengan profesi lainnya dalam dunia kerja.

Kehadiran satpam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam program pengamanan lingkungan kerja dan atau perumahan. Karenanya, satpam pun kini memiliki wadah yang sudah terintegritas dan terdaftar di Mabes Polri. Wadah itu bernama Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI).

“Saya katakan wadah perlindungan hukum karena di sini para anggota APSI akan mendapat bantuan hukum saat berhadapan dengan kasus ketenagakerjaan. Kami ke depannya akan kolaborasikan antara LBH Profesi Satpam dan APSI,” ujar Tri saat ditemui di kantor DPD APSI di Jalan Kijang Makassar, Kamis (15/10/2021).

Untuk menuju kesejahteraan, lanjut Tri, anggota APSI bisa dengan mudah mendapatkan informasi perusahaan atau lokasi apa saja yang membutuhkan satpam agar bisa menyejahterakan keluarganya.

Selain dari kedua sasaran APSI di atas, masih menurut Triyono, APSI menjadi wadah pelatihan profesi satpam agar anggota satpam bisa menjadi petugas pengamanan di mana mereka ditempatkan secara terlatih saat menghadapi sebuah situasi.

Sementara Kasubdit Polda Sulsel, Kompol A. Ashari menerangkan, Binmas Polda Sulsel sangat mendukung penuh program APSI, dan berharap segera APSI mengadakan Musyawarah Luar Biasa untuk menentukan ketua baru selepas ketua terdahulu meninggal dunia.

“Polda dalam hal ini mempersilahkan pengurus APSI mengadakan sosialisasi di media dan setiap BUJP yang memiliki anggota satpam wajib hukumnya kartu sertifikasi APSI,” kata Ashari.

Ashari juga mengatakan, anggota Polri selalu memberikan sosialisasi kepada satpam baik yang sudah selesai pendidikan maupun yang masih dalam pendidikan, bahwa satpam bukan serikat pekerja tapi sebagai petugas keamanan

” Polri juga selalu memberikan sosialisasi kepada satpam baik yang sudah selesai pendidikan maupun yang masih dalam pendidikan, bahwa satpam bukan serikat pekerja tapi sebagai petugas keamanan,” jelas Ashari.[Adm]