KSATRIA | Palembang–Ketua APSI (Asosiasi Profesi Satpam Indonesia) Provinsi Sumsel Rano Karno, SH, MH bersama Kasat Binmas Polrestabes Palembang AKBP Takdir, SH, MH menggelar sosialisasi Peraturan Kapolri No. 4/2020 tentang Pam Swakarsa dan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang, Rabu (30/9/2020).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr. Syamsul Bahar, M. Kes yang diwakili Kaurkesmapta Akp dr. Nopriansyah, Ketua BPD ABUJAPI H. Novembriono, SE, Alex Noven M, SH, MH, Kombes Pol Drs H, Abusopah Ibrahim SH, Personil Bhabinkamtibmas Polrestabes Palembang, Perwakilan Pegurus, BUJP dan Satpam.

Kasat Binmas Polrestabes Palembang AKBP Takdir, SH, MH menyampaikan selamat datang kepada para peserta kegiatan sosialisasi, “Semoga kita semua dapat memahami dan bersinergi apa-apa yang akan kita laksanakan tugas pokok masing-masing, satpam merupakan anak dari Polri jadi kedepan kita akan lebih baik lagi,” ungkapnya dilansir investigasibhayangkara.com.

Takdir menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini tetap selalu mematuhi peraturan protokol kesehatan covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker dan selalu membersihkan kebersihan, cuci tangan sehigga kita semua terhindar dari Covid-19.

Ketua DPD APSI Sumsel Rano Karno, SHI, MH menjelaskan sekilas sejarah Satpam yang didirikan sejak tahun 1980 oleh Bapak Satpam Indonesia Alm. Jendral Purn. Prof. Dr. H. Awaloeddin Djamin, MPH, sampai sekarang Pam Swakarsa tetap berdiri.

“Alhamdulillah bulan Oktober 2020 yang lalu telah keluar Perpol No. 4/2020 tentang Pam Swakarsa mengenai seragam satpam yang mirip dengan Kepolisian, ini merupakan apresiasi buat Kapolri yang menjadikan kepercayaan dan merupakan anak dari Polri, dengan seragam ini satpam akan lebih baik dan tidak lepas akan menjaga nama baik Institusi Polri, semoga kedepan akan lebih bersinergi lagi,” harapnya.

Rano menegaskan, ke depan anggota satpam yang memakai seragam baru harus sudah mengikuti pendidikan, karena ini akan mempengaruhi pangkat seperti pendidikan sertifikasi mulai dari Gada Pratama, Gada Madya dan Gada Utama.

“Selanjutnya anggota satpam tersebut akan mempunyai KTA yang langsung ditandatangani oleh Dirbinmas Polda Sumsel khususnya,” tegasnya.

Diakhir kegiatan Ketua DPD memberikan hadiah kepada peseta aktif bertanya: 1. Bripka Zulkifli, SE, M.Sc. Babinkamtibmas Polsek IT 1 Kota Palembang. Hadiah berupa Buku Pengamanan Swakarsa Karya Bapak Satpam Indonesia Alm. Jenderal Purn. Prof. Dr. H. Awaloeddin Djamin, MPH 2. Angga Angkasa Anggota Satpam Gada Madya dari PT. SMART Palembang Hadiah berupa Senter Safety Security plus alat kejut listrik dan 3. Efri Yopi Petugas Satpam pasar 16 Ilir yg bertugas lebih dari 10 Tahun menerima hadiah gratis Diksar Gada Pratama di Pusdiklat satpam DPD APSI Sumsel. [adm]