KSATRIA | Yogjakarta–Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-ABUJAPI) Daerah Istimewa Yogjakarta menggelar Rapat Kerja Daerah dengan tema ‘Meningkatkan peran dan fungsi ABUJAPI dalam upaya memperkokoh Kamtibmas dan daya saing usaha’ pada Rabu (21/10/2020) di Yogjakarta.

Kegiatan Rakerda ini dibuka langsung oleh Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Drs. Anjar Gunadi, MM. Nampak hadir juga Kasubditbinsatpam Polda DIY, AKBP M Fajarini, SH, SIK, Ketua 1 Bidang Organisasi dan Keanggotaan BPP ABUJAPI, Joko PN utomo, Ketua BPD ABUJAPI Jateng Agus Wijanarko.

Ketua BDP ABUJAPI DI Yogjakarta Salva Yurivan Saragih, STP mengatakan lahirnya Perpol No 4 tahun 2020 ini merupakan sebuah kado terindah bagi satpam Indonesia, tentunya pemuliaan profesi satpam sudah mendekati langkah kongkrit.

“Pencanangan satpam menjadi sebuah profesi yang mulia ini sudah diawali oleh polri, dengan meningkatkan kompetensi satpam menjadi sebuah profesi,” jelasnya, Rabu (21/10).

Bagi Salva, suatu kehormatan bahwa Perpol ini adalah menyesuaikan terhadap kebutuhan industri pengamanan di Indonesia, pemuliaan profesi satpam serta peningkatan profesionalisme satpam dan penguatan satpam sebagai mitra polri. “ABUJAPI mempunyai komitmen untuk memperjuangkan struktur sekala upah untuk satpam,” tegasnya.

Salva menambahkan, Rakerda ini untuk meningkatkan peran dan fungsi ABUJAPI dalam upaya memperkokoh Kantibmas dan daya saing usaha. ABUJAPI memiliki PR yang yang besar yang harus kita benahi bersama, dan ini perlu sinergisme dan sebuah kebersamaan antara BUJP, ABUJAPI dan Polri khususnya Ditbinmas sebagai pembina fungsi satpam dan BUJP.

“Mudah mudahan melalui rakerda ini kita bisa merumuskan bersama, kita bisa susun bersama, kita bisa bersinergi, kita bangun kondisi bisnis yang sehat, kita tidak perlu lagi banting bantingan harga, kita sama sama bersaing kompetitif, tingkatkan nilai tambah, yang pada akhirnya karyawan kita, satpam kita, semakin mulia, semakin sejahtera,” terangnya.

Dalam Rakerda ini, tambah Salva, ABUJAPI DIY akan tandatangani kerjasama dengan kantor law firm ahlis mukidin and co. Anggota ABUJAPI dapat menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan konsultasi gratis apabila ada masalah kaitannya dengan perjanjian kerjasama dengan pemberi kerja, atau tagihan yang macet, atau kerjasama dengan karyawan, dan ini menjadi salah satu keuntungan menjadi anggota ABUJAPI.

“Marilah kita melalui Rakerda tahun 2020 ini menjadi ajang kita melakukan konsolidasi, menjadi forum untuk menyusun langkah langkah strategis untuk kemajuan ABUJAPI, sebagai mitra Polri, partner strategis pemerintah untuk memajukan industri security,” tegasnya. [adm]