KSATRIA | Klungkung — Satpam dituntut untuk mewujudkan kesadaran warga masyarakat di lingkungan tempat kerja guna penanggulangan terhadap kemungkinan timbulnya gangguan Kamtibmas.

“Selain sebagai unsur pembantu pimpinan, Satpam juga merupakan petugas unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan,” demikian dikatakan Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanurdana saat memimpin apel pembentukan Satgas Covid-19 Satuan Pengamanan (Satpam), di Lapangan Apel Halaman Polres Klungkung, Senin (4/10/2021).

Turut hadir pada acara ini di antaranya Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa Danramil 1610-01/Klungkung, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Klungkung, Made Widiada, Kasat Pol PP Kabupaten Klungkung Putu Suarta, Pejabat Utama dan Kapolsek, Jajaran Polres Klungkung.

Kapolres Klungkung I Made Dhanurdana menjelaskan, bahwa Satpam merupakan satuan atau kelompok yang bertugas memberikan rasa aman dan bertugas memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan, kawasan atau pemukiman.

“Sehingga sebagai wujud sinergitas Polri dan Pam Swakarsa sesuai Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa, merupakan wujud pemulihan profesi Satpam Polri sebagai partner dalam mewujudkan harkamtibmas,” kata Kapolres saat membacakan amanat dari Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

I Made Dhanurdana, juga menyampaikan dalam penerapan kebijakan pemerintah bersama sama Unsur keamanan TNI-Polri, Tenaga Kesehatan (Nakes) beserta unsur Masyarakat harus saling bahu-membahu berjuang untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Satpam sebagai perpanjangan tangan Polri diharapkan berperak aktif membantu Polri dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19,” pesannya.

Sehingga, kata dia, diharapkan dapat mencegah munculnya klaster baru di lingkungan kerjanya masing-masing serta didukung dengan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

Ia juga meminta kepada satpam agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tulus ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, dan selalu menjaga kesehatan, keluarga dan lingkungan.

“Terakhir tingkatkan koordinasi dengan unsur pengamanan TNI-Polri, Desa Adat dan Seluruh Stake Holder dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja,” ujarnya.[Adm]