KSATRIA | Semarang—Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-ABUJAPI) Jawa Tengah mengadakan Rakerda di hotel Grasia Semarang pada Rabu, 22 Juli 2020 dengan tema “Mewujudkan Pemuliaan Profesi Satpam & Eksistesi BUJP”.

Dalam Rakerda ini, nampak hadir Dirbinpotmas Korbinmas Baharkan Polri Brigjend Pol. Edi Murbowo dan Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol. Lafri Setyono, SIK, serta para pengurus ABUJAPI Jateng.

Dirbinpotmas Edi Murbowo mengatakan dalam arahannya di depan para pengelola BUJP, bahwa dalam persaingan sesama BUJP untuk tidak melakukan banting harga saat mengikuti lelang, karena hal ini akan berdampak pada kualitas satpam yang ditugaskan. “Nanti kalau nilainya rendah ujung-ujungnya tenaga satpamnya yang akan dirugikan,” tegasnya.

Edi juga berpesan kepada pengelola BUJP di wilayah Jateng, agar mengikutkan satpamnya dalam meningkatkan komptensi dengan mengikuti pelatihan. “Selamat rakerda semoga dalam rakerda menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi BUJP dan satpam,” paparnya.

Sementara Ketua BPD ABUJAPI Jateng Agus Wijanarko mengajak seluruh direktur BUJP untuk bersatu dan kompak dalam wadah ABUJAPI ini, sehingga BUJP nanti akan kuat dan mempunyai nilai jual yang tinggi kepada user.

“Untuk itu, ABUJAPI Jateng akan merangkul BUJP yang belum jadi anggota, termasuk mengedukasi ormas-ormas yang masih menyelenggarakan pengamanan yang tidak sesuai ketentuan Perkap 24 tahun 2007,” jelasnya kepada Jurnal Security, Rabu (22/7).

Agus juga menambahkan bahwa rumusan hasil Musda yang telah disepakati oleh peserta rakerda akan menjadi pedoman dan dipatuhi dalam menjalankan bisnis pengamanan di Jateng, sehingga BUJP akan mempunyai nilai jual atau tawar yang tinggi di mata user.

Berikut adalah hasil yang disepakati pada rakerda: Pertama, standarisasi minimal manajemen fee pada saat lelang sebesar 7 persen. Kedua, standarisasi minimal harga diklat Gada Pratama Rp. 3.000.000 dan Gada Madya Rp. 4.500.00. “Hasil rakerda akan disusun menjadi Peraturan Organisasi ABUJAPI Jateng,” jelasnya. [admin].