KSATRIA | Jakarta–Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPP-ABUJAPI) kerjasama dengan Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (BERSAMA) serta PT. Garda Utama Arthadarma (GUA) melakukan tes swab Covid dan tes urine narkoba, Minggu (6/12/2020)

Dengan tagline Satpam Hebat Tanpa Narkoba, sebanyak 70 satpam yang akan mengikuti pendidikan gada Pratama menjalani tes swab antigen dan tes urine narkoba di kantor GUA Kalibata Jakarta Selatan.

Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan mengatakan bahwa presiden telah mengumumkan bahwa Indonesia dinyatakan sebagai darurat narkoba. Data dari BNN ada 6.4 juta yang terpapar narkoba, bahkan rata-rata usianya adalah 18 tahun.

“Kami kerjasama dengan BERSAMA sebuah yayasan yang sangat concern dalam mengkampanyekan anti narkoba, untuk melakukan tes terhadap satpam,” ungkapnya kepada Jurnal Security, Minggu (6/12).

Agoes menjelaskan, ABUJAPI sudah kerjasama dengan BERSAMA sejak setahun lalu. “Hari ini pecah telor, kita laksanakan program pertama yaitu tes swab sekaligus tes urine narkoba kepada anggota satpam GUA,” jelasnya.

Menurut Agoes, kerjasama ini akan kami kembangkan ke para BUJP dan BPD di seluruh Indonesia untuk perhatian terhadap para satpam terhadap pengaruh narkoba. “Untuk daerah nanti bisa menggandeng BNN yang ada di daerah,” jelasnya.

Agoes menambahkan, satpam harus memahami tentang narkoba, sejauh mana narkoba berbahaya, menguasai lapisan masyarakat. “Satpam sebagai gada terdepan harus ikut mensukseskan sebagai sosok yang punya disiplin dan sikap untuk memberantas narkoba, terutama memberikan informasi di daerah tugasnya dan melaporkan ke polisi atau BNN daerah,” tegasnya.

Sementara itu Sekjen BERSAMA Prof Dr Budiharjo MSi mengatakan, BERSAMA adalah lembaga masyarakat independen yang punya dimensi pelayanan terhadap pemberantasan narkoba. “Almarhum Putera Astaman terpanggil menjadi mitra strategis pemerintah dalam penanganan narkoba,” ungkapnya.

Budiharjo menjelaskan, BERSAMA telah membuat jaringan kemitraan strategis salah satunya dengan ABUJAPI, ini salah satu dari sekian banyak langkah yang diambil BERSAMA dalam penanganan narkoba melalui tes urine kepada para satpam. “Karena ini masa pandemi, maka kami juga melakukan tes swap lalu tes urine untuk satpam,” paparnya.

“Satpam ini pekerja profesi yang punya etika dan moral dan panutan yang menjaga keamanan di garda paling depan. Tugas mulia yang tentunya kondisi ini harus dijaga dan dikawal baik aspek kesehatan maupun moral,” tuturnya. [Admin]