KSATRIA | Jakarta–Setelah 24 tahun lagu Mars Satpam dinyanyikan oleh para satpam di seluruh Indonesia, akhirnya pencipta lagu Mars Satpam menghibahkan karyanya kepada ABUJAPI untuk bisa dipergunakan oleh satpam di seluruh Indonesia.

Menurut Sekjen ABUJAPI Suryawisesa, lagu yang diciptakan Vina Pri Handjono dibuat pada tahun 1997. “Kami bersyukur karena lagu ini telah resmi menjadi lagu Mars Satpam yang sudah dihibahkan oleh penciptanya,” katanya kepada Jurnal Security, Rabu (17/02/2021).

Pada syukuran HUT Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) ke-15, ABUJAPI juga telah memberikan penghargaan berupa piagam dan pin emas untuk pencipta lagu Mars Satpam.

ABUJAPI, tambah Suryawisesa, pencipta lagu Mars Satpam telah menghibahkan kepada ABUJAPI pada 29 Januari 2021 lalu. Selain itu, pada upacara virtual HUT Satpam ke-40 di gedung Tribrata pada 2 Februari 2021, panitia memberikan penghargaan pin emas kepada pencipta lagu Mars Satpam.

“Pada saat syukuran HUT ABUJAPI ke-15, kami juga memberikan piagam penghargaan dan pin emas kepada pencipta lagu Mars Satpam, sebagi bentuk apresiasi kami atas karyanya selama ini,” ungkapnya.

Sementara itu, pencipta lagu Mars Satpam Octavina Priheningtyas Handarini atau yang populer disebut Vina Pri Handjono mengatakan, dirinya merasa bersyukur karena karya yang ia buat 24 tahun silam telah resmi menjadi lagu yang bisa digunakan oleh seluruh satpam di Indonesia.

“Semoga silaturahim berjalan baik dan misi dari inti lagu Mars Satpam bisa menjadi penyemangat para sahabat satpam yang bertugas maupun untuk pribadi,” ungkap Vina kepada Jurnal Security, Selasa (16/2).

Hibah lagu Mars Satpam kepada ABUJAPI ini dilakukan sebagai bukti kecintaaannya kepada bangsa dan negara, begitu juga untuk satpam. “Saya pikir ketika membuat pertama pada tahun 1997 awalnya untuk Polda Jabar dan akhirnya dipakai hingga sekarang. Ini sebagai sumbangsih saya untuk bangsa dan negara dan untuk sahabat satpam Indonesia,” tuturnya.[Adm].