KSATRIA | Jakarta– Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menjamin keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 yang akan dimulai Sabtu 24 April 2021. Total ada sebanyak 51 titik yang akan diamankan oleh anggota Polri.

Hal tersebut disampaikan Fadil Imran saat meninjau lokasi Bandar Udara International Soekarno Hatta dan Gedung ASEAN pada Jumat (23/4/2021).

“Titik yang dimaksud kita amankan mulai pengamanan rute, pengamanan akomodasi hotel, pengamanan terminal airport kedatangan dan berbagai tempat lainnya yang akan dikunjungi para peserta KTT ASEAN,” ujar Fadil Imran.

“Saya pantau persiapan pengamanan pertemuan tingkat pimpinan ASEAN yg akan dilaksanakan besok. Kami mengerahkan 4.382 personel Polri untuk mengamankan di 51 titik. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar, Polri dalam operasi pengamanan ini akan melaksanakan dengan semaksimal mungkin,” jelas Fadil Imran.

Dikatakan Fadil Imran, tanggung jawab Polda Metro Jaya ada di ring tiga. Pasalnya untuk ring satu dan ring dua dilakukan pengamanan oleh personel pengamanan Presiden.

“Karena yang hadir adalah kepala negara dimana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya. Tadi saya sudah mengecek posko, pasukan, peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan pengamanan pejabat utama dari negara-negara yang akan hadir,” tandas Fadil Imran.

Sebagaimana diketahui, KTT ASEAN akan diadakan di Jakarta pada akhir pekan ini. Pertemuan ini rencananya akan dipimpin oleh Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah yang juga merupakan Ketua ASEAN 2021.

Pelaksanaan KTT Asean 2021 akan diselenggarakan di Kantor Sekretariat ASEAN di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. [Adm].