KSATRIA | Jakarta–Untuk menekan penyebaran virus Covid-19, Polri menambah petugas pendisplinan protokol kesehatan yang terdiri dari unsur komunitas, yakni Satpam, Polsus dan Pokdar Kamtibmas.

Kakor Binmas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Risyapudin Nursin secara simbolis memberikan rompi kepada petugas pendisplinan dan penegak hukum protokol covid-19 di halaman kantor Baharkam, Rabu (23/9/2020).

Risyapudin menjelaskan, para petugas pendisplinan ini akan bersinergi dengan petugas penegak hukum protokol covid. Petugas tim yustisi melakukan penindakan yang melanggar yang dilakunan oleh TNI, Polri Satpol PP. Sedangkan petugas pendisiplinan bertugas menertibakn dan menghimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

Dua petugas ini bersama bergerak secara pararel, ada penertiban ada juga penegak hukum protokol covid. “Mari bersama bersinergi, agar protokal kesehatan yang sudah ditentukan bisa ditegakkan sehingga masyarakat bisa disiplin,” paparnya.

Selain ketiga komunitas ini, Risyapudin menyebutkan sudah ada komunitas lain yang sudah menjadi bagian dari petugas pendisplinan protokol covid. Mereka digerakan melalui Dirbinmas di Polda.

Petugas satpam yang bertugas di perkantoran, mall dan lain sebagainya untuk care terhadap karyawan yang ada di perkantoran atau masyarakat yang ada di perbelanjaan, atau di tempat keramaian di mana satpam bertugas.

“Pada saat bekerja atau istirahat tolong diawasi. Kluster perkantoran menjadi konsentrasi agar disiplin dilaksanakan dengan baik. Kita tertibkan untuk menggunakan masker, tidak berkerumun, menjaga jarak dan memberikan mencuci tangan,” jelasnya.

Risyapudin menghimbau agar satpam, polsus dan pokdar kamtibmas terlibat langsung dalam pendisplinan masyarakat dengan cara menertibkan, menghimbau dan menegor masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Petugas pendisiplinan berbeda dengan petugas penegak protokol yang melakukan yustisi. Kita hanya mengingatkan kepada yang tidak menggunakan masker, berkerumun dan jaga jarak,” paparnya.

Petugas satpam yang mengamankan lingkungan kerja sekaligus terlibat lansgung dalam penertiban pencegahan covid. “Saya mengingatkan, ayo kita laksanakan tugas mulia ini, agar pandemi segera turun angka kematiannya,” himbaunya.

Risyapudin juga mengingatkan, agar petugas pendisiplinan juga melengkapi diri, mematuhi SOP protolol kesehatan, memakai masker yang benar, membawa handsanitizer. “Petugas juga jangan sembrono,” tegasnya.

Sementara itu hadir dari Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) dalam Apel penyematan rompi petugas ini adalah Wakil ABUJAPI Cecep Darmadi dan Sekjen ABUJAPI Suryawisesa Karang.

Sekjen ABUJAPI Suryawisesa menjelaskan, bahwa ABUJAPI ikut berpartisipasi dalam pencegahan covid ini dengan menerjunkan petugas satpam menjadi petugas pendisplinan protokol covid di wilayah masing-masing.

“ABUJAPI menghimbau kepada anggota BUJP di wilayahnya masing masing untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya,” jelasnya.[adm]