KSATRIA | Lampung—Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) terus menebar manfaat untuk anggota satpam yang bergabung di dalamnya. Setelah APSI Jambi dengan program perumahan, kini diikuti oleh APSI Lampung yang mencoba membuka jalan bagi satpam yang ingin memiliki rumah.

Ketua DPD APSI Lampung, Andi Meirdian Syarif, SH, MM bersama H. Heri Kurniadi, S.Sos, SH, MH selaku Direktur PT. Lintang Toedjoe Lamban (LTL) menandatangani nota kerjasama (MoU) program kepemilikan perumahan bagi anggota Satpam.

“Pemuliaan profesi satpam diharapkan berdampak pada pemuliaan kesehjateraan, setelah kami cek ternyata masih banyak anggota satpam yang belum punya rumah, umumnya karena terkendala masalah persyaratan administrasi dan DP awal pada saat ingin mengambil perumahan,” ungkapnya kepada Jurnal Security, Jumat (02/06).

Lelaki yang akrab dipanggil Andri ini mengatakan, banyak satpam sudah bekerja cukup lama mengabdi tapi masih tinggal di rumah kontrakan. “Nah inilah yang menjadi PR bagi APSI untuk ikut memikirkan nasib mereka, karena doa mereka pun sama ingin punya tempat tinggal yang layak,” jelas Andri yang baru dilantik dan dikukuhkan oleh Dir. Binmas Polda Lampung KBP Anang Triarsono, S.I.K, M.Si mewakili Kapolda Lampung pada 15 Juni 2021 lalu.

LTL sebagai pihak pengembang akan memberikan prioritas bagi anggota satpam yang ingin memiliki rumah, seperti mulai dari keringanan DP atau angsuran bulanan, dan juga akan dibantu untuk kemudahan persyaratan administrasinya.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan bank-bank penyedia KPR, sehingga teman-teman satpam bebas memilih akan menggunakan bank mana sesuai kebutuhannya sehingga tidak terbatas peluangnya pada satu bank saja,” terang Heri.

Saat ini, LTL sudah memiliki spot-spot perumahan yang tersebar di beberapa titik, baik di wilayah Bandar Lampung seperti Kemiling, Jati agung, Natar, Pesawaran, atau Kalianda. Jenis dan tipe yang disediakan juga bervariasi. “Anggota satpam bebas memilih untuk jenis perumahan Subsidi (FLPP) atau komersil menyesuaikan kemampuan masing-masing,” jelasnya.

Kabid Kelembagaan APSI Lampung Gunawan K Yudha menambahkan persyaratan untuk bisa mengakses kepemiliki rumah di Lampung ini juga harus menjadi anggota APSI lampung. “Tentunya program ini berlaku bagi teman-teman satpam yang sudah tergabung dalam keanggotaan APSI, ini sebagai wujud komitmen kami dari awal untuk membantu teman-teman satpam yang menjadi anggota APSI,” jelasnya. [Adm]