KSATRIA | Jakarta–Mars Satpam, hampir sebagian besar satuan pengamanan (Satpam) hafal dan pernah menyanyikan lagu ini. Namun apakah para satpam pernah tahu siap sosok pencipta dan pengaransemen lagu ‘wajib’ di setiap kegiatan resmi kesatpaman ini?

Beberapa waktu lalu, JurnalSecurity berhasil mencari tahu sosok yang telah berjasa dalam menciptakan karya seni melalui lagu Mars Satpam ini. Selama ini hampir tidak ada media atau keterangan secara utuh tentang sosok pencipta lagu ini.

Adalah Vina Pri Handjono. Sosok wanita bersahaja yang telah menorehkan sejarah karena menciptakan lagu Mars Satpam tanpa royalti. Vina demikian panggilan akrabnya, merasa bangga karyanya yang awalnya untuk Polda Jabar ini ternyata dinyanyikan pada kegiatan satpam tingkat nasional.

“Saya tidak pake royalti-royaltian. Secara hukum hak ini, hak cipta saya, kalau dinyanyikan saya bersyukur alhamdulillah. Saya hanya penulis pembuat karya,” ungkap Vina Pri Handjono kepada Jurnal Security saat ditemui di kediamannya di wilayah Jakarta Selatan, Kamis (21/01/2021).

Dalam sebuah wawancara yang dikutip Majalah Pollingga No.7 Januari-Februari 1997, Vina dengan tegas menyatakan bahwa bisa menciptakan Mars Satpam ini sebagai kehormatan dan kepercayaan dari Polda Jabar. “Saya tidak komersil lho…saya ini benar-benar ingin menyumbangkan bakat saya untuk Bangsa dan Negara,” tutur Vina.

Vina pun akhirnya bercerita awal mula ia mengarang lagu Mars Satpam. Saat itu, menjelang HUT Satpam ke-16 di Polda Jabar yang diadakan di Bogor. Salah satu temannya meminta dibuatkan lagu Mars Satpam.

Setelah temannya memberikan sekilas tentang satpam, Vina pun memulai membuat lirik lagu, merangkai kata-katanya hingga mengaransemen lagunya. “Saya rekam di kaset dengan format paduan suara langsung disetujui, saat itu hanya untuk Polda Jabar dan bukan untuk wilayah Indonesia atau nasional,” jelasnya.

Beberapa tahun berlalu, Vina anggap lagu itu hanya untuk wilayah Bogor. Saat ia bertanya kepada salah satu satpam yang ada di Bintaro terkait lagu satpam, ternyata sang satpam hafal. “Kira-kira 7 tahun lalu, saya baru tahu dinyanyikan di acara-acara resmi satpam,” paparnya.

Vina yang merasa pernah menciptakan lagu ini pun mencari tahu, tapi komunikasi terhambat dan tidak tahu harus kemana mencari tahu. “Rasa syukur ada dinyanyikan secara nasional, tapi saya sebagai penulis kok gak dikasi tahu. Ya saya maklumi karena kehilangan jejak, dan saya sudah kehilangan kontak dengan yang memesan lagu itu,” tuturnya.

Suatu hari, ketika Vina berselancar di sosial media, ia menemukan status teman kecilnya bernama Suryawisesa yang bicara soal HUT Satpam. Lalu ia pun menanyakan apakah lagu Mars Satpam akan dinyanyikan?. Surya pun membalas ya. Lalu Vina pun bercerita kronologi tentang Mars Satpam.

“Saya tunjukan majalah yang pernah saya diwawacara Majalah Pollingga. Dari situ terbukalah siapa sebenarnya pencipta lagu satpam,” jelasnya.

“Saya berharap kalau lalu memang tidak diketahui siapa yang menulis lagu. Sebenarnya bukan saya ingin diakui ini lo saya penulisnya. Tapi sejujurnya saya bangga karena menjadi lagu nasional, saya berharap lagu ini bisa terus dipakai dipergunakan dalam acara apapun dalam komunitas satpam di seluruh Indonesia,” ulasnya.

Vina juga berharap dengan Mars Satpam ini, para sahabat satpam bukan sekedar hafal lagu, tapi ada spirit dalam menjalankan tugas dan sebagai pribadi satpam. Semoga ini menjadi karya yang dikenang dalam komunitas satpam.

“Saya berharap dari institusi ada pengakuan ini lagu Vina Pri Handjono akan dipakai menjadi mars satpam seluruh Indonesia. Harapan saya ada pengakuan secara resmi, karena selama ini awalnya hanya di Polda Jabar,” tuturnya.

Vina juga menyampaikan terima kasih kepada ABUJAPI, terutama Pak Suryawisesa akhirnya membuka kepada semua bahwa penulis dan aransemen lagu Mars Satpam adalah Vina Pri Handjono.

“Terima kasih kepada Jurnal Security dengan tergerak untuk mencari tahu awalnya cerita mengenai Mars Satpam dari mulai Polda Jabar akhirnya menjadi Mars Satpam Nasional,” tutupnya.

vina-pri-handjono.1-pencipta mars satpam

Karya Vina Lebih dari 800 Lagu

Sebelum Vina mendapatkan amanah membuat lagu Mars Satpam, dirinya sudah berpengalaman menjadi pencipta lagu dan pengaransemen lagu yang dibuatnya. Sederetan artis juga pernah menyanyikan lagu-lagu karyanya.

Misalnya tahun 1983, artis Cica Kuswoyo dalam Album Remaja yang pertama adalah hasil karyanya. Beberapa lagu hasil karyanya juga dinyanyikan Rio Febrian, Feby Febiola, Natasha dan banyak artis lainnya.

“Alhamdulillah sampai saat ini yang tercatat di buku saya ada 800an lagu, itu belum sama jinggel,” jelasnya.

Vina menjalani karir di bidang seni ini secara otodidak. Bakatnya muncul ketika ia masih anak-anak. Ayahnya RM. Pri Handjono, SH dan ibunya Jarmartin kerap memberikan alat musik untuk dimainkan Vina kecil.

“Sejak kecil, saya sudah terbiasa dengan alat musik, terutama piano. Saat SMP sudah berkarya membuat lagu. Alhamdulillah ini semua talenta dari Allah,” ujarnya. [Adm]