KSATRIA | Bandung– Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-ABUJAPI) Jawa Barat bekerjasama dengan LSP P-2 Sekuriti PP Polri dan BNSP menggelar program Sertifikasi Kompetensi kerja untuk satpam Tingkat Gada Pratama.

Menurut Ketua BPD ABUJAPI Jabar Agus Vickram, ABUJAPI Jabar telah menyelenggarakan sertifikasi kompetensi BNSP secara berkelanjutan, sejak tanggal 9 hingga 12 November 2020 di tempat yang berbeda, yaitu Bandung, Karawang dan Bogor. “Terima kasih kepada LSP P-2 PP Polri Bapak Irjen Pol (P) Drs. Kamil Razak S.H.,M.H telah melaksanakan sertifikasi kompetensi Gada Pratama,” jelasnya kepada Jurnal Security, Jumat (13/11/2020).

Agus menambahkan, seluruh kegiatan sertifikasi ini disubsidi oleh BNSP untuk 400 satpam setingkat Gada Pratama. “Jika ditotal seluruh satpam Gada Pratama yang mengikuti sertifikasi kompetensi subsidi dari BNSP ini ada 600 satpam di tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Seperti di Bandung jumlah satpam yang diuji ada sebanyak 200 satpam bertempat di PT Agra Dipa Raharja, di Karawang sebanyak 100 satpam bertempat di PT Gokko Mirai Indonesia dan di Bogor ada 100 satpam bertempat di TUK PT Mitra Bhakti Nusa Sekuriti.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara ABUJAPI dengan LSP P-2 Sekuriti PP Polri dan BNSP. “Insyallah ke depan akan lebih baik lagi, kami punya PR menghimbau kepada BUJP Pelatihan agar menjalankan pelatihan dengan mengacu pada standarisasi SKKNI, karena ini nantinya akan berdampak kompetensi satpam,” tegasnya.

Untuk bisa profesional harus ikut pelatihan profesi, Perpol No.4 Tahun 2020 mengamanatkan penyelenggaraan kompetensi. “Dasarnya harus ikut pelatihan gada pratama ditambah sertifikasi kompetensi dari BNSP. Satpam sudah menjadi sebuah profesi, maka satpam Indonesia harus hebat dan berkompetensi,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Irjen Pol (P) Drs. Kamil Razak S.H.,M.H berseta para Asesor dari LSP P-2 Sekuriti PP Polri dan dihadiri oleh Ketua Umum BPD Abujapi Jawa Barat H. Agus Vickram, S.H.,MM dan Badan Pengurus. [Adm]