KSATRIA| Jakarta–Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) menggelar tasyakuran memperingati hari jadi ke-14 di Kantor ABUJAPI. Hari jadi ini dihadiri oleh sejumlah ketua umum lintas asosiasi jasa pengamanan, dewan kehormatan ABUJAPI dan Mantan Dirbinpotmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. Drs. Ricky F. Wakanno.

Dalam sambutannya, Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan menjelaskan keberadaan ABUJAPI kian solid dengan dukungan lintas asosiasi jasa pengamanan. “Terima kasih kepada para ketua asosiasi yang telah hadir dalam acara hari jadi ABUJAPI ke-14,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Agoes juga memberikan ucapan terima kasih kepada para pendahulu yang telah membawa ABUJAPI tetap eksis dan berkembang. Seperti Pak Hindarto yang juga sebagai pendiri dan ketua umum pertama ABUJAPI.

“Beliau selain menjadikan ABUJAPI eksis, juga yang mengawal dari awal hingga seperti sekarang beliau terus mengawal, meskipun dengan ketebatasan beliau tetap semanagt mengawal ABUJAPI hingga kini,” ungkapnya.

Begitu juga Pak Adi Mahfud sebagai ketua kedua yang secara totalitas dalam mengembangkan ABUJAPI di setiap provinsi. Begitu juga Pak Budi Rianto, ketua ketiga yang sudah banyak menggelar Musda di 14 daerah.

Agoes mengakui, bahwa organisasi tidak akan berjalan maksimal jika berjalan sendiri-sendiri. “Kalau kita berjalan sendiri tidak menjadi kekuatan. Karena itu saya berpikir bersama membangun rumah besar BUJP, hadirnya para ketua umum asosiasi di ABUJAPI bisa menjadi kekuatan untuk keberlangsungan organisasi ini,” tuturnya.

Agoes juga berterima kasih kepada mantan Dirbinpotmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. Drs. Ricky F. Wakanno yang terus mendukung kegiatan-kegiatan ABUJAPI. “Kami menyebut beliau sebagai sahabat ABUJAPI karena kiprah beliau yang cukup besar dalam pengembangan organisasi ini,” jelasnya.

Agoes menjelaskan, sudah saatnya ABUJAPI membranding diri, untuk itu beberapa kegiatan sudah berjalan yang melibatkan kementerian, wakil rakyat, Kadin, BPJS, Lemhannas dan lembaga lain.

Seperti kunjungan RDPU ke DPR terkait vokasi pendidikan, ABUJAPI bermimpi dana vokasi pendidikan dalam hal ini untuk pendidikan Gada Pratama bisa terwujud maka akan meringankan ribuan satpam yang ingin mengikuti pendidikan Gada Pratama.

“Industrial security harus kita usung bersama , dengan adanya ketua asosiasi ini akan semakin mudah untuk mengangkat visi dan misi ABUJAPI ke depan,” paparnya.

Agoes berharap ABUJAPI bisa menjadi organisasi yang bisa bermanfaat bagi anggotanya dan satpam secara keseluruhan. “Semoga kita menjadi organisasi yang bisa bersinergi dengan yang lain untuk kemajuan satpam di Indonesia,” tuturnya.

Acara HUT ABUJAPI ke-14 ini dihadiri oleh Dewan Kehormatan Irjen. Pol. Purn. Hadiman dan Irjen. Pol. Purn. Benny J. Mamoto. Begitu juga Ketua Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Azis Said, Ketua Asosiasi Sekuriti Industri Migas (ASIM) Dino Bimadwinanda Hindarto dan Ketua Umum APSA Indonesia Chapter Humphry Abraham Soedira. [roj]