KSATRIA| Jakarta–Hari Ulang Tahun Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) ke-14 berlangsung meriah dan kekeluargaan di kantor ABUJAPI, yang dihadiri oleh dewan kehormatan ABUJAPI, ketua lintas asosiasi dan pengurus.

Dalam sambutannya, mantan Dirbinpotmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. Drs. Ricky F. Wakanno mengatakan bahwa keberadaan satpam sangat membantu Polri dalam menciptakan suasan aman. “Satpam sudah memberikan pelayanan pengamanan 88 persen infrastruktur di Indonesia,” ungkapnya, Jumat (14/2/2020).

Brigjen Ricky menambahkan bahwa Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) saat ini didukung oleh 7 asosisasi pengamanan dan BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan).

Jenderal yang memiliki gelar Ginting ini, pun menekankan kepada ABUJAPI untuk memaksimalkan perannya dalam memuliakan satpam melalui BUJP di bawah ABUJAPI.

Ricky juga menghimbau agar menjaga soliditas organisasi, menjaga kekompakan begitu juga etika terus dijunjung tinggi dalam menjalankan organisasi.

Terkait dengan HUT Satpam ke-40, Ricky berharap agar dipersiapkan jauh-jauh hari, karena pelaksanaan HUT Satpam akan dilakukan oleh ABUJAPI dan asosiasi pengamanan lainnya.  “Segera dibentuk kepanitiaan hari ulang tahun satpam ke-40 mulai dari sekarang,” ungkapnya seperti dilansir JurnalSecurity.com.

Selain itu, Ricky menekankan pentingnya sinergitas antara satpam dengan Polri guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif. Terutama menjelang Pilkada serentak tahun 2020.

“Titipan dari Kapolri dalam menghadapi tantangan Pilkada serentak 2020, satpam jangan ikut ikutan berkampanye, jangan mempengaruhi kelompok, seperti dengan cara meminta dan atau memaksa,” pungkasnya.

Acara HUT ABUJAPI ke-14 ini dihadiri oleh Dewan Kehormatan Irjen. Pol. Purn. Hadiman dan Irjen. Pol. Purn. Benny J. Mamoto. Begitu juga Ketua Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Azis Said, Ketua Asosiasi Sekuriti Industri Migas (ASIM) Dino Bimadwinanda Hindarto dan Ketua Umum APSA Indonesia Chapter Humphry Abraham Soedira. [roj]