22 Oct 2021

Brigjen Pol Edy Murbowo : Peran Satpam Sesuai Pasal 3 UU No 2 Tahun 2002

KSATRIA | Batam — Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Khatulistiwa Media Utama Sakti menyelenggarakan Pembukaan Pelatihan Gada Utama di Hotel Planet Holiday, Batam (18/10/2021).

Turut hadir pada kegiatan acara ini di antaranya Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjenpol Edy Murbowo, Kadis Pariwisata, Buralima, Dirbinmas Polda Kepri KBP Pol Rudy Hariyanto, Ketua BPD ABUJAPI Kepulauan Riau, Dwifung Wirajaya Saputra, Ketua BPD APSI Kepulauan Riau, Daeng Syafar, Direktur Utama PT Khatulistiwa Media Utama Sakti, Sunarto Poniman, dan lainnya.

Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjenpol Edy Murbowo mengatakan, tujuan diselenggarakan pelatihan Gada Utama adalah untuk menghasilkan manager satuan pengamanan yang memiliki sikap mental, kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan sebagai manager atau chief security dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, pelatihan satuan pengamanan kualifikasi Gada Utama yang diselenggarakan ini menggunakan pola 100 jam pelajaran telah sesuai dengan Perkap Nomor 24 tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah, walaupun Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa belum diundangkan.

“Namun, materi pada perkap 24/2007 masih relevan dan diselaraskan dengan kebutuhan dan perkembangan industrial security mencakup pengantar pelatihan, pembinaan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan, sistem manajemen pengamanan, perundang-undangan, kesamaptaan dan lain-lain,” ujarnya

Edy mengatakan, peran satpam ini tentu sudah sesuai dengan Pasal 3 Undang-undang nomor 2 tahun 2002, yang menyebutkan : “bahwa fungsi kepolisian diemban oleh kepolisian negara republik indonesia, yang dibantu oleh Kepolisian khusus (polsus); Penyidik pegawai negeri sipil (ppns), dan Bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, dimana satpam merupakan salah satu unsur penting di dalamnya.

“Diharapkan dengan mengoptimalisasi tugas saudara dan merespon secara cepat terhadap kebijakan pemerintah untuk penerapan aplikasi peduli lindungi di area kerjanya dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas melalui kewenangan kepolisian terbatas,” jelasnya.

Edy menjelaskan, khusus para security manager tidak cukup hanya bermodalkan aspek teknis yang berhubungan dengan peralatan keamanan, akan tetapi juga aspek– aspek sosial, psikologis bahkan aspek politis yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam rangka mengambil keputusan

“Dengan modal tersebut diharapkan security manager akan mampu menjadi mediator antara karyawan dan pengusaha, antara pengusaha dan masyarakat sekitar,” kata Edy.

Dalam rangka proses legalitas profesi di bidang security perlu dilakukan langkah–langkah penyempurnaan terhadap instrumen pengaturan tentang standar kompetensi pelatihan profesi, asosiasi profesi dan lembaga sertifikasi profesi dibidang security yang harus dipenuhi.

Edy menambahkan, kemampuan atau kompetensi dibidang kepolisian terbatas bagi setiap anggota satuan pengamanan harus tetap terjaga dan terpelihara dengan baik serta pengawasan dan pembinaan secara terus menerus oleh Polri dan diharapkan para pihak berperan memberikan kontribusi bagi kemajuan satpam di Indonesia.

Edy mengingatkan, agar seluruh pihak tetap melaksanakan protokol kesehatan dan tidak mengganggap remeh situasi pandemi Covid-19.

“Tegakan aturan secara ketat agar kita tidak menjadi korban atau mediator penyebarannya sehingga harus mengulang karena sakit dan tidak dapat menyelesaikan pelatihan yang singkat ini,” jelasnya.[Adm]

15 Oct 2021

Pariwisata Internasional Dibuka, ABUJAPI Berbenah Diri Agar Satpam Kompeten

KSATRIA | Jakarta — Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) menyambut baik rencana akan dibukanya pariwisata Internasional. Pasalnya, hal itu akan menjadi harapan baru bagi profesi jasa pengamanan pasca personel anggotanya terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terimbas pandemi Covid-19.

Ketua Umum DPP ABUJAPI, Agoes Dermawan. mengatakan salah satu upaya mendukung pemulihan pariwisata Internasional adalah berbenah diri agar satpam benar-benar kompeten.

“Sekarang kita (ABUJAPI) sedang berbenah agar satpam betul-betul kompeten, terlebih seiring dengan rencana dibukanya pariwisata Internasional. Kami siapkan anggota kita lebih punya kemampuan,” ujarnya.

Sementara mantan Ketua BPD ABUJAPI Bali, I Nyoman Sutapa merasa optimis di masa ini akan ada peningkatan permintaan jasa pengamanan lantaran sejumlah akomodasi pariwisata yang sebelumnya tutup, kini sudah kembali dibuka secara terbatas.

“Harapan kita besar sekali karena dengan dampak pandemi Covid-19 yang terjadi hampir 2 tahun ini, kini pariwisata mulai bangkit kembali,” ujarnya usai Musyawarah Daerah ke-2 ABUJAPI, di Four Star By Trans Hotel Renon, Denpasar, Senin (11/10/2021).

Menurut dia, sikap optimis itu, karena sektor pariwisata berhubungan langsung dengan pengguna jasa pengamanan.

“Mudah-mudahan jika penerbangan Internasional dibuka, objek-objek wisata juga dibuka dan akan membawa dampak yang besar,” harap Sutapa.

Lebih lanjut Sutapa mengatakan, pihaknya mengaku ABUJAPI selalu bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai lembaga penegak hukum resmi.

Sebagaimana diketahui, ada tiga tingkatan pada pendidikan dan pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam), di antaranya Gada pratama, Gada Madya, Gada Utama

“Instrukturnya selalu didatangkan dari Polda Bali, termasuk kegiatan training singkat yang dilaksanakan satu hingga dua hari,” jelas Sutapa.[Adm]

15 Oct 2021

ABUJAPI Kalbar dan Polda Kalbar Gelar Vaksinasi untuk Satpam

KSATRIA | Kalbar — Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Polda Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan “Gebyar Vaksinasi Covid-19”, Kamis (14/10/2021).

Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini diperuntukan untuk satuan pengamanan (Satpam) beserta keluarga, yang dilaksanakan di SUPM Pontianak, Pembangunan Nipah kuning, Kalimantan Barat. Mulai dari pukul 08.00 Wib sampai selesai.

Para peserta berasal dari beberapa badan usaha jasa pengamanan (BUJP) yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri keluarga besar ABUJAPI Kalbar, Satpam BUJP, dan warga sekitarnya.

Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Kalbar, Yusnadi mengatakan bahwa vaksinasi ini salah satu program ABUJAPI terhadap satuan pengamanan (Satpam) yang juga merupakan duta perubahan perilaku protokol kesehatan.

“Jadi sangat penting setiap satuan pengamanan (Satpam) di Kalimantan Barat untuk mendapatkan vaksinasi tersebut,” terang Yusnadi.

Sementara Kasi Polsus Binmas Polda Kalimantan Barat, Kompol Untung mengatakan sesuai dengan Kepres bahwa Polri adalah sebagai fasilitator dalam hal pelaksaan vaksinasi ini, dan sebagai pelaksana teknis dilakukan Biddokkes Polda Kalbar

“Polri sendiri sebagai fasilitator dalam hal pelaksaan vaksinasi ini, dan sebagai pelaksana teknis dilakukan Biddokkes Polda Kalbar,” jelasnya.[Adm]

15 Oct 2021

APSI Wadah Perlindungan Hukum untuk Satpam

KSATRIA | Makassar –Satpam dulu dengan sekarang sangatlah berbeda. Pasalnya, saat ini satpam merupakan sebuah profesi tersendiri yang tidak berbeda dengan profesi lainnya dalam dunia kerja.

Kehadiran satpam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam program pengamanan lingkungan kerja dan atau perumahan. Karenanya, satpam pun kini memiliki wadah yang sudah terintegritas dan terdaftar di Mabes Polri. Wadah itu bernama Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI).

“Saya katakan wadah perlindungan hukum karena di sini para anggota APSI akan mendapat bantuan hukum saat berhadapan dengan kasus ketenagakerjaan. Kami ke depannya akan kolaborasikan antara LBH Profesi Satpam dan APSI,” ujar Tri saat ditemui di kantor DPD APSI di Jalan Kijang Makassar, Kamis (15/10/2021).

Untuk menuju kesejahteraan, lanjut Tri, anggota APSI bisa dengan mudah mendapatkan informasi perusahaan atau lokasi apa saja yang membutuhkan satpam agar bisa menyejahterakan keluarganya.

Selain dari kedua sasaran APSI di atas, masih menurut Triyono, APSI menjadi wadah pelatihan profesi satpam agar anggota satpam bisa menjadi petugas pengamanan di mana mereka ditempatkan secara terlatih saat menghadapi sebuah situasi.

Sementara Kasubdit Polda Sulsel, Kompol A. Ashari menerangkan, Binmas Polda Sulsel sangat mendukung penuh program APSI, dan berharap segera APSI mengadakan Musyawarah Luar Biasa untuk menentukan ketua baru selepas ketua terdahulu meninggal dunia.

“Polda dalam hal ini mempersilahkan pengurus APSI mengadakan sosialisasi di media dan setiap BUJP yang memiliki anggota satpam wajib hukumnya kartu sertifikasi APSI,” kata Ashari.

Ashari juga mengatakan, anggota Polri selalu memberikan sosialisasi kepada satpam baik yang sudah selesai pendidikan maupun yang masih dalam pendidikan, bahwa satpam bukan serikat pekerja tapi sebagai petugas keamanan

” Polri juga selalu memberikan sosialisasi kepada satpam baik yang sudah selesai pendidikan maupun yang masih dalam pendidikan, bahwa satpam bukan serikat pekerja tapi sebagai petugas keamanan,” jelas Ashari.[Adm]

14 Oct 2021

BSP Bali Ikutkan Satpam Latihan Apar dan Hydrant

KSATRIA | Denpasar–Kebakaran bisa terjadi setiap saat, yang disebabkan dari berbagai latar belakang. Untuk itu, kemampuan keterampilan melakukan pencegahan kebakaran secara dini harus ditingkatkan. Terlebih bagi anggota Satpam.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengamanan PT. Bravo Satria Perkasa (BSP) Area Jawa 3 daerah Provinsi Bali baru baru ini mengikutkan anggota satpamnya dalam sebuah pelatihan menggunakan apar dan hydrant di Bali.

Adapaun tujuan dari binlat apar dan hydrant ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan anggota Satpam BSP dari segala potensi bencana, terutama kebakaran di wilayah area tugas Satpam. Sebab ini akan bisa memberikan rasa aman dan nyaan bagi customer. [Adm]

11 Oct 2021

Musda Ke-2 ABUJAPI NTB Tetapkan Iwan Balukea sebagai Ketua

KSATRIA | Lombok––BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Nusa Tenggara Barata (NTB) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-2 yang digelar di Hotel Lombok Plaza, Kamis (7/10/2021).
Musda ke-2 ini dibuka oleh Dirbinmas Polda NTB Kombes Pol Dessi Ismail S.I.K dan dihadiri oleh Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan bersama Waketum Cecep Darmadi, Sekjen Suryawisesa Karang, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Agoes menyampaikan bahwa ABUJAPI adalah mitra Polri yang terus akan mengawal profesi Satpam ini menjadi lebih baik lagi ke depannya. Terlebih lagi jumlah Satpam yang terus bertambah, saat ini ada sekitar 1,6 juta orang yang berprofesi sebagai Satpam.

“Hasil dari Musda ke-2 ABUJAPI NTB hendaknya bisa direalisasikan untuk para BUJP yang ada di wilayah NTB, karena ini sebagai wadah untuk menyatukan badan usaha yang bergerak di bidang jasa pengamanan yang ada di NTB,” ungkapnya.

Musda ke-2 yang digelar melalui prokes ketat ini telah memutuskan secara aklamasi saudara Iwan Balukea sebagai Ketua Umum ABUJAPI NTB periode 2021-2026. “Semoga dengan terpilihnya saudara Iwan ABUJAPI NTB ke depan semakin lebih baik lagi, dan bisa dirasakan manfaatnya untuk BUJP dan Satpam,” ujarnya. [Adm]

11 Oct 2021

Dewa Suyasa Terpilih sebagai Ketua ABUJAPI Bali dalam Musda Ke-2

KSATRIA | Denpasar–– Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-ABUJAPI) Bali menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-2 yang digelar di Hotel Four Star Renon Denpasar, Senin (11/10/2021).
Musda ke-2 ABUJAPI Bali kali ini mengusung tema ‘Hubungan kelembagaan yang erat dalam upaya pengembangan industrial security yang handal’ ini dihadiri oleh Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan bersama Waketum Cecep Darmadi, Sekjen Suryawisesa Karang dan Bendahara Andiko Wicaksono, serta tamu undangan lainnya.

Saat memberikan sambutannya, Agoes menegaskan bahwa ABUJAPI adalah mitra Polri yang harus dijaga hubungannya dengan baik dalam menjalankan usaha industrial security, untuk itu ke depan kita akan terus bersinergi untuk keberlangsungan BUJP dan Satpam.

“Musda ke-2 ABUJAPI Bali ini hendaknya bisa menghasilkan rekomendasi yang bisa dijalankan oleh anggota sehingga ABUJAPI Bali benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh para anggota,” ungkapnya.

Musda ke-2 yang digelar melalui prokes ketat ini telah memutuskan terpilihnya Dewa Suyasa sebagai Ketua Umum ABUJAPI Bali periode 2021-2026. “Semoga dengan terpilihnya saudara Dewa Suyasa sebagai ketua ABUJPAI Bali, ke depan roda organisasi di Bali ini semakin lebih baik lagi,” ujarnya. [Adm]

09 Oct 2021

Kapolresta Denpasar Lantik Ratusan Satgas Covid-19 Satpam

KSATRIA | Denpasar –Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan melantik sebanyak 100 personil Satpam menjadi Satuan Tugas Covid-19. Hal ini guna mencegah meluasnya penyebaran wabah virus Covid-19 di wilayah Denpasar.

Pembentukan Satgas Covid-19 ini berlangsung di Taman Inspirasi Muntiq Siokan Sanur Kauh, Denpasar Selatan, pada Jumat (1/10/2021).

Acara kegiatan turut dihadiri Dandim 16/11 Badung dan para pejabat muspida setempat serta jajaran stakeholder lainnya.

Dikatakan Jansen, Satpam merupakan satuan atau kelompok yang bertugas memelihara rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan kawasan dan pemukiman.

Selain itu, lanjutnya, Satpam juga dituntut untuk mewujudkan kesadaran masyarakat di lingkungan tempat kerjanya. Termasuk menanggulangi setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Satpam memiliki peran unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat dan penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di lingkungan kerjanya yang merupakan wujud sinergitas Polri dan PAM Swakarsa,” beber Kombes Jansen.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan tugas Polri sesuai peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan Swakarsa yang memuliakan profesi Satpam oleh Polri sebagai partner dalam mewujudkan Harkamtibmas.

“Seperti kita ketahui saat ini Pemerintah bersama-sama unsur TNI – Polri, tenaga kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat saling bahu membahu berjuang memutus penyebaran Covid-19,” urainya.

Ditegaskannya pula, Satpam diharapkan berperan aktif membantu Polri dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerjanya masing-masing.

Dalam hal ini Polresta Denpasar telah mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh penyedia dan pengguna Satpam serta sepakat membentuk Satgas penanggulangan Covid-19 yang melibatkan petugas Satpam sebagai garda terdepan. Dengan harapan pembentukan satpam ini dapat mencegah munculnya Cluster baru penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu Kapolresta Jansen memberikan 4 penekanan terhadap 100 personil satpam yang telah dilantik. Yakni pertama, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tulus ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab sebagai amal dan ibadah.

“Kedua, jaga kesehatan diri sendiri keluarga dan lingkungan tempat kerja dengan menerapkan protokol kesehatan dan laksanakan penanggulangan Covid- 19 secara ketat,” jelasnya

Selanjutnya yang ketiga, kata Jansen, tingkatkan koordinasi dengan unsur pengamanan TNI-POLRI , desa adat dan seluruh stakeholder dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja.

“Terakhir keempat, kepada seluruh penyedia dan pengguna satpam agar bersama-sama selalu mengingatkan dan mengawasi dalam pelaksanaan tugas Satgas ini,” jelasnya.[Adm]

09 Oct 2021

Kapolres Klungkung : Selain Pembantu Pimpinan, Satpam Unsur Pembantu Polri

KSATRIA | Klungkung — Satpam dituntut untuk mewujudkan kesadaran warga masyarakat di lingkungan tempat kerja guna penanggulangan terhadap kemungkinan timbulnya gangguan Kamtibmas.

“Selain sebagai unsur pembantu pimpinan, Satpam juga merupakan petugas unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan,” demikian dikatakan Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanurdana saat memimpin apel pembentukan Satgas Covid-19 Satuan Pengamanan (Satpam), di Lapangan Apel Halaman Polres Klungkung, Senin (4/10/2021).

Turut hadir pada acara ini di antaranya Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa Danramil 1610-01/Klungkung, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Klungkung, Made Widiada, Kasat Pol PP Kabupaten Klungkung Putu Suarta, Pejabat Utama dan Kapolsek, Jajaran Polres Klungkung.

Kapolres Klungkung I Made Dhanurdana menjelaskan, bahwa Satpam merupakan satuan atau kelompok yang bertugas memberikan rasa aman dan bertugas memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan, kawasan atau pemukiman.

“Sehingga sebagai wujud sinergitas Polri dan Pam Swakarsa sesuai Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa, merupakan wujud pemulihan profesi Satpam Polri sebagai partner dalam mewujudkan harkamtibmas,” kata Kapolres saat membacakan amanat dari Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

I Made Dhanurdana, juga menyampaikan dalam penerapan kebijakan pemerintah bersama sama Unsur keamanan TNI-Polri, Tenaga Kesehatan (Nakes) beserta unsur Masyarakat harus saling bahu-membahu berjuang untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Satpam sebagai perpanjangan tangan Polri diharapkan berperak aktif membantu Polri dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19,” pesannya.

Sehingga, kata dia, diharapkan dapat mencegah munculnya klaster baru di lingkungan kerjanya masing-masing serta didukung dengan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

Ia juga meminta kepada satpam agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tulus ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, dan selalu menjaga kesehatan, keluarga dan lingkungan.

“Terakhir tingkatkan koordinasi dengan unsur pengamanan TNI-Polri, Desa Adat dan Seluruh Stake Holder dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja,” ujarnya.[Adm]

09 Oct 2021

BPD ABUJAPI Sultra Gelar Vaksinasi untuk Anggota dan Keluarga Satpam

KSATRIA | Kendari — Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD ABUJAPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Bimnas) Polda Sultra, menggelar kegiatan vaksinasi untuk anggota satpam se-kota Kendari, di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Sultra, Kamis (23/9/2021).

Ketua umum BPD ABUJAPI Sultra, Den Ayu Kanem Khaltsum mengatakan, kegiatan vaksinasi ini diprioritaskan untuk anggota Satpam, keluarga satpam, dan badan usaha jasa pengamanan (BUJP) yang berada di kota Kendari. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac sebanyak 200 dosis.

Namun, lanjutnya, apabila ada masyarakat umum yang hendak ikut vaksinasi di acara kegiatan ini tetap pihaknya melayani. “Untuk masyarakat umum, kalau misalnya ada yang datang, kami tidak tolak. Tapi khususnya itu, kita prioritaskan anggota Satpam sama Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), terus sama keluarga Satpam,” kata Den Ayu.

Den Ayu mengharapkan, seluruh anggota Satpam yang bekerja di lapangan telah melakukan vaksinasi 1 dan 2. “Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan bisa meminimalisir terjadinya penularan penyakit COVID-19 itu sendiri, supaya Satpam-Satpan juga bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” harap Den Ayu.

Di tempat yang sama, perwakilan BP PAUD dan Dikmas, Kwartina Endang pamuji, merasa senang karena bisa turut membantu kegiatan vaksinasi tersebut.

“Semoga dengan adanya vaksinasi ini, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari COVID-19, semoga Sultra semakin membaik dan bisa kembali pulih dari situasi Pandemi ini,” ujar Kwartina.

Sementara Kasubdit Satpam Polsus DitBinmas Polda Sultra AKBP Karjono Liwang berharap, Satpam-Satpam yang ada di Sultra, khususnya di Kota Kendari, sudah melakukan vaksinasi karena mereka adalah garda terdepan.

“Satpam itu adalah garda terdepan dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang bekerja di perusahaan maupun toko-toko, sehingga pada saat pelaksanaan tugas, mereka sebelum menegakkan aturan prokes, mereka sendiri sudah melakukan prokes dan vaksin,” ujarnya.[Adm]

Translate »
error: Content is protected !!