KSATRIA, (BSP)–Pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono (Soni), Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, serta Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Jaswandi, menggelar rapat pengamanan untuk pilkada DKI 19 April 2017 nanti.

Acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) digelar di Aula Sudirman, Kodam Jaya, Jl Mayjen Sutoyo, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (13/4/2017). Sebelumnya dilakukan konferensi pers pukul 09.00 WIB terkait keamanan untuk pilkada mendatang.

“Kami dari Forkopimda secara kusus menyelenggarakan agenda ini dalam rangka pengamanan pilkada secara serentak putaran kedua, yang akan diselenggrakan pada tanggal 19 April 2017,” kata Soni saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan. Ia mengatakan rilis kali ini berkaitan dengan pengamanan pilkada putaran kedua.

“Hari ini kami bersama-sama mengadakan rilis berkaitan dengan persiapan untuk pengamanan putaran kedua, di mana kami sengaja hadir di Kodam Jaya bersama panglima tiga angkatan yang berada di wilayah DKI Jakarta. Tentunya dalam rangka memilihara Kamtibmas di Ibukota yang kita cintai,” ujarnya.

Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen Jaswandi mengatakan TNI akan ikut membackup dan mendukung pengamanan Pilkada DKI 19 April 2017 mendatang. Jaswandi mengatakan, pihaknya menyiapkan 15.000 prajurit.

“Kodam Jaya telah menyiapkan seluruh pasukan satu TPS nanti, akan bersama-sama dengan rekan-rekan dari Polri, satu TPS 1 Polri satu TNI. Kodam Jaya sudah menyiapkan lebih kurang 15.000 prajurit untuk bergabung dengan teman-teman Polri, untuk berada di TPS yang ada di Jakarta,” kata Jaswandi saat konferensi pers, (13/4).

Jaswandi menuturkan, pengamanan juga akan dilakukan di berbagai tempat seperti tempat strategis dan sentra ekonomi. Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS untuk memberikan suaranya.

“Kita amankan tempat-tempat strategis, sentra-sentra ekonomi, tempat-tempat tertentu, semuanya sudah terpetakan dan bersama-sama dengan TNI Polri ada di sana,” ujarnya.

“Kemudian untuk kegiatan ini tentunya saya menghimbau kepada masyarakat DKI Jakarta yang mempunyai hak pilih, untuk datang ke TPS, untuk memberikan suaranya, dijamin aman, dijamin damai,” tuturnya.

Jaswandi juga mengatakan, pihaknya akan bekerja keras dalam melakukan pengamanan. Menurutnya TNI turut berkomitmen menciptakan Jakarta yang aman dan damai.

“Apabila ada masyarakat sekelompok tertentu yang mempunyai pemikiran, mempunyai keinginan, untuk menghancurkan Jakarta, akan berhadapan dengan aparat keamanan, akan berhadapan dengan TNI, Polri, dan masyarakat Jakarta yang cinta damai dan cinta aman,” ujarnya. [ROJI]