KSATRIA | Saat melamar kerja, salah satu dokumen yang harus disertakan tentu saja yaitu surat lamaran. Surat ini berisi permohonan pekerjaan di suatu perusahaan, lembaga, atau instansi tertentu.
Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sudah mencoba mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan namun belum mendapatkan panggilan juga. Mengapa demikian? Bisa jadi karena adanya kesalahan dalam isi surat lamaran kerja tersebut.
Faktanya memang demikian, banyak job seeker yang asal-asalan dalam menulis surat lamaran kerja. Alhasil HRD yang memeriksanya menjadi enggan untuk menerima pelamar tersebut.
Format lamaran pekerjaan yang benar
Bagi Anda yang baru saja lulus kuliah yang saat ini sedang berstatus sebagai fresh graduate, Anda harus mengetahui bagaimana format lamaran pekerjaan yang harus disiapkan. Hal ini semata-mata demi memperbesar peluang lolos ke tahap selanjutnya bahkan hingga diterima di perusahaan incaran.
Sebuah surat lamaran pekerjaan setidaknya harus berisikan delapan hal yaitu :
Tempat dan Tanggal
Salah satu hal yang harus ada dan ditulis pertama kali dalam surat lamaran kerja yaitu tempat dan tanggal. Bagian ini menunjukkan dimana dan kapan surat tersebut dituliskan oleh pelamar kerja.
Tempat dan tanggal surat bisa Anda tuliskan di pojok kanan atas dengan format berikut : Jakarta, 10 Juli 2023 (silakan sesuaikan sendiri dengan waktu dan tempat tinggal Anda sekarang).
Tujuan Surat Beserta Nama dan Alamat Perusahaan yang Dituju
Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah penulisan tujuan surat. Maksudnya kepada siapa surat tersebut ditujukan.
Tentu saja surat lamaran kerja, seharusnya ditujukan kepada HRD perusahaan. Alangkah lebih baiknya, jika Anda mengetahui nama HRD perusahaan tersebut supaya dalam penulisan bisa langsung ditulis nama.
Selain itu, jangan lupa tulis juga detail alamat perusahaan secara lengkap supaya tidak salah sasaran. Contohnya sebagai berikut :
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. HRD PT Bravo Satria Perkasa Alih Daya
GRAHA BSP, JL. DEWI SARTIKA NO. 4A, CILILITAN
Salam Hormat atau Salam Pembuka
Sebelum menulis inti surat, jangan lupa untuk menuliskan salam hormat atau salam pembuka terlebih dahulu. Gunakan sapaan yang sopan, karena surat tersebut ditujukan kepada orang yang mempunyai jabatan penting.
Tulis saja salam hormat dengan tulisan : “Dengan Hormat” yang sudah sangat umum digunakan supaya Anda tidak merasa bingung.
Biodata Diri
Jangan lupa tulis biodata pribadi Anda supaya perusahaan bisa mengenal siapa Anda sebenarnya. Adapun data diri yang wajib dicantumkan yaitu nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir (TTL), pendidikan terakhir, alamat email dan nomor HP.
Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi
Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, meskipun hanya sebatas freelance tidak ada salahnya untuk ditulis pada surat lamaran kerja. Atau jika Anda pernah magang di suatu perusahaan, bisa ditambahkan juga.
Selain itu, Anda juga bisa menuliskan pengalaman organisasi yang setidaknya relevan dengan posisi yang diajarkan. Karena pengalaman ini sangat penting, perusahaan umumnya lebih memprioritaskan pelamar yang sudah memiliki jam terbang.
Skill dan Kelebihan Lain
Skill atau kemampuan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar juga harus dicantumkan. Tujuannya adalah supaya pihak perusahaan mengetahui skill apa yang Anda miliki dan bisa jadi pertimbangan untuk diterima di perusahaan tersebut.
Pastikan Anda bertanggung jawab dengan apa yang ditulis. Jangan sampai menulis memiliki skill A, namun pada kenyataannya tidak mempunyai skill tersebut sama sekali.
Salam Penutup
Dan terakhir, jangan lupa tulis salam penutup dan ucapkan Terima kasih. Selain itu, Anda juga boleh menulis harapan supaya perusahaan memberikan kesempatan mengikuti proses rekruitmen selanjutnya.
Itulah dia format lamaran kerja yang bisa Anda buat. Semoga bermanfaat dan semoga lekas mendapatkan pekerjaan.






