KSATRIA | Jakarta – Dalam proses mencari kerja, salah satu tahapan yang ditunggu-tunggu pastinya adlaah ketika mendapatkan panggilan kerja. Umumnya panggilan kerja ini bisa berupa wawancara kerja atau tes lainnya sesuai dengan SOP dan kebijakan perusahaan.
Tentu saja ketika Anda dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti wawancara kerja, semuanya harus dipersiapkan secara matang. Baik itu aspek teknis maupun non teknis.
Jika semuanya dipersiapkan dengan sangat matang, seluruh tahapan bisa Anda lalui dengan lancar. Alhasil, semakin besar peluang Anda untuk bisa diterima kerja di perusahaan tersebut.
Apa yang Perlu Disiapkan Saat Mendapat Panggilan Kerja?
Bagi Anda yang baru pertama kali mendapatkan panggilan wawancara kerja, sangat penting untuk mengetahui bagaimana tips mempersiapkannya. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini :
Mempelajari Informasi Perusahaan yang Dilamar
Saat Anda memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan, wajib hukumnya untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan tersebut. Pertama, Anda harus tahu dimana alamatnya untuk memastikan perusahaan tersebut tidak fiktif dan benar-benar nyata.
Yang kedua, setidak-tidaknya Anda harus tahu bergerak di bidang apa perusahaan yang Anda lamar. Karena pada saat wawancara kerja, perusahaan akan menanyakan kepada job seeker untuk membuktikan bahwa jobseeker benar-benar tertarik.
Informasi mengenai perusahaan bisa Anda dapatkan melalui website dan sosial media resmi perusahaan.
Menyiapkan Pakaian yang Cocok
Tiips mempersiapkan panggilan kerja selanjutnya yaitu dengan menyiapkan pakaian yang cocok. Tentu saja, Anda tidak bisa asal-asalan dalam menggunakan pakaian. Tunjukkan kesan profesionalisme melalui pakaian yang Anda kenakan.
Pakaian yang digunakan untuk wawancara kerja sebenarnya juga harus disesuaikan dengan kultur perusahaan. Sebagai contoh, kalau Anda melamar kerja di startup yang terkenal santai, Anda bisa menggunakan pakaian semi formal atau smart casual.
Hindari penggunaan pakaian atau aksesoris yang berlebihan. Pastikan juga bahwa Anda hanya membawa barang atau perlengkapan yang berhubungan dengan proses wawancara.
Berdasarkan data, 55% kesan pertama HRD ditentukan oleh cara ANda berpakaian dan cara Anda berjalan memasuki ruangan interview. Jika pada tahapan ini kesan HRD sudah baik, maka proses selanjutnya niscaya menjadi lebih lancar.
Berlatih Wawancara Kerja di Rumah
Wawancara kerja, kelihatannya mudah namun banyak sekali job seeker yang gagal pada tahapan ini. Terkadang kegagalan mereka disebabkan oleh masalah-masalah yang bersifat non teknis seperti rasa gugup sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan HRD secara maksimal.
Karena hal itulah, supaya Anda lebih siap menghadapi wawancara kerja, berlatih terlebih dahulu di rumah. Anda bisa mengajak saudara atau rekan untuk berlatih, bisa juga berlatih sendiri di depan cermin.
Mempersiapkan Fisik Sebelum Wawancara
Pastikan fisik Anda benar-benar dalam kondisi prima saat melakukan wawancara kerja. Untuk itu, jaga kesehatan sebaik mungkin. Jangan sampai saat tiba waktunya justru Anda sakit dan batal untuk mengikuti wawancara.
Jangan pernah meremehkan persiapkan kondisi fisik pada saat wawancara kerja. Pastikan diri Anda mendapatkan tidur yang cukup serta telah sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat wawancara.
Dengan kondisi fisik yang prima, Anda menjadi lebih nyaman dalam melakukan proses wawancara kerja.
Jangan Sampai Terlambat
Tips mempersiapkan panggilan kerja selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan supaya Anda tidak terlambat sampai ke tempat wawancara. Jika baru wawancara saja sudah terlambat, bagaimana mungkin HRD berkenan menerima Anda di perusahaan tersebut?
Maka dari itu supaya tidak terlambat atur sebaik mungkin jadwal keberangkatan. Jika dirasa jaraknya jauh dari rumah, Anda bisa berangkat lebih pagi.
Itulah dia berbagai tips mempersiapkan panggilan kerja sehingga Anda berpelunag diterima kerja di perusahaan tersebut. BSP Alih Daya menyediakan layanan outsourcing dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya.






