KSATRIA | Jakarta–Seorang petugas cleaning service dalam menjalankan tugasnya harus mengendepankan etika, saat berada di tempat bekerja. Karena, etika yang diterapkan dapat mengatur hubungan antar personal baik dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan.
Etika yang diterapkan petugas cleaning service berperan besar dalam kesuksesan perusahaan cleaning service tersebut. Lalu, apa saja etika yang harus diperhatikan seorang petugas cleaning service dalam bekerja? Berikut ini ulasannya:
Etika ketika mulai bekerja
Pagi hari, umumnya petugas cleaning service merupakan orang yang hadir pertama untuk membersihkan seisi ruangan atau gedung perkantoran. Karena merupakan orang yang paling pertama hadir, maka petugas cleaning service harus menjaga etikanya saat mulai bekerja.
Beberapa etika yang mesti diperhatikan antara lain menerapkan prinsip 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) saat bertemu dengan orang-orang saat datang ke kantor untuk bekerja.
Etika pergaulan
Petugas cleaning service yang berada satu kantor dalam waktu sehari penuh membuat pergaulan antar petugas cleaning service dan pekerja lainnya tidak dapat terelakkan. Berkat interaksi dan komunikasi sehari-hari pergaulan tersebut tercipta dan perlu dijaga agar dapat menghormati masing-masing pihak.
Untuk menerapkan etika pergaulan selama bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
- Menjaga sopan, santun dan ramah kepada setiap orang
- Menunjukkan sikap empati dengan lingkungannya
- Berupaya untuk mengendalikan emosi
- Tidak menyakiti perasaan orang lain
- Senang saling membantu, terutama yang berkaitan dengan pekerjaannya
Etika berpakaian
Pakaian yang dikenakan tidak hanya menunjukkan citra diri petugas cleaning service namun juga menunjukkan etika saat bekerja. Untuk itulah, etika berpakaian saat bekerja menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.
Selain itu, dengan menjaga etika berpakaian, maka petugas cleaning service tersebut juga dapat menjaga citra dirinya sebagai orang yang tertib dan berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya.
BSP Alihdaya sebagai perusahaan jasa outsourcing yang profesional menerapkan standar bagi para pegawainya. Mulai dari rambut pendek tertata rapih, tidak berkumis atau berjenggot, bagi wanita make up sewajarnya, serta kuku yang harus pendek. Pada pakaian, setiap petugas cleaning service BSP Alihdaya diharuskan berseragam yang telah ditentukan secara rapih.
Etika dalam berkomunikasi
Petugas cleaning service yang baik perlu memperhatikan etika dalam berkomunikasi baik kepada rekan kerjanya maupun kepada atasan atau klien tempatnya bekerja. Karena, komunikasi tanpa etika yang baik dapat merusak hubungan antar personal di tempat kerja. Untuk itu, perhatikan beberapa etika dalam berkomunikasi di tempat kerja berikut ini :
- Menggunakan bahasa yang santun
- Menjaga nada bicara
- Menjadi pendengar yang baik
- Hindari pembicaraan yang menjelekkan orang lain
- Tidak memotong pembicaraan
Menerapkan berbagai etika tersebut sangat berpengaruh terhadap penilaian kinerja petugas cleaning service. Selain kualitas pembersihan, etika juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat bekerja.






