KSATRIA | Jakarta–Dalam rangka meningkatkan sinergi antara Badan Pengurus Pusat Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPP ABUJAPI) dan Korbinmas Polri, pengurus inti BPP ABUJAPI melakukan audiensi ke kantor Kakorbinmas Baharkam Polri pada Rabu, 6 Mei 2020.

Dalam pertemuan itu, pengurus ABUJAPI yang beraudiensi bertemu dengan Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen pol Drs Risyapudin Nursin Sik adalah Ketua Umum Agoes Dermawan, Wakil Cecep Darmadi, dan Sekjen Suryawisesa Karang.

Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan mengatakan, pertemuan itu untuk meningkatkan sinergi antara ABUJAPI dengan Korbinmas Baharkam Polri dalam meningkatkan kerjasama program ke depan. “Kami berterima kasih kepada Korbinmas yang telah mengajak ABUJAPI dalam penyaluran sembako untuk satpam terdampak covid beberapa waltu lalu,” ungkapnya kepada Jurnal Security, Senin (11/05).

Selain itu, tambah Agoes, ABUJAPI juga mendukung program penggunaan aplikasi Binmas Online System (BOS) yang sudah disosialisasikan kepada para direksi Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di seluruh Indonesia.

“Kami berharap, aplikasi BOS ini bisa terus ditingkatkan dalam pelaksanaannya, agar BUJP yang ada di daerah bisa merasakan manfaatnya dalam pengurusan BUJP ke kepolisian,” ungkapnya.

Agoes menjelaskan, diantara tujuan dibuat aplikasi BOS ini semata-mata untuk mempermudah perizinan yang disiapkan bagi BUPJ supaya lebih mudah, lebih cepat. Karena teknologi sudah semakin maju,” jelasnya.

Sementara itu Sekjen ABUJAPI Suryawisesa Karang mengatakan, sosialisasi Aplikasi BOS ini sudah disosialisasikan kepada para pelaku usaha jasa pengamanan dua tahun lalu, agar BUJP bisa merasakan  manfaatnya.

Surya juga menambahkan, ABUJAPI siap bersinergi dengan pihak Polri untuk sinkronisasi data BUJP agar antara data yang dimiliki ABUJAPI sesuai dengan data yang ada di Korbinmas Polri. “Ini penting untuk akurasi data BUJP yang benar-benar membutuhkan aplikasi BOS ini,” katanya.

BOS merupakan aplikasi yang dikelola Korbinmas Mabes Polri dan memiliki tujuh fitur di dalamnya, yaitu Aplikasi Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Publik BOS, Aplikasi Sistem Informasi BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) Online, Aplikasi Sistem Informasi Satpam Online, Aplikasi Website Binmas, dan Aplikasi Dashboard. [Adm]