KSATRIA, (BSP)–Gelaran akbar Sail Selat Karimata di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat akan digelar pada 15 Oktober 2016 mendatang, Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak mengatakan akan mengerahkan lebih dari dua ribu personil untuk pengamanan acara besar ini.

“Seminggu yang lalu dari Polda Kalbar sudah dipasang ada sebelas tenda, bahkan dari tim wantimpres itu sudah duluan bikin tenda di sana, karena memang kepanitiaan ini kan dari pusat dan daerah kita sini, tapi pengamanan sepenuhnya di polda Kalbar yang lebih banyak,” kata Musyafak seperti dilansir tribunnews.com. (6/10).

Musyafak menjelaskan, bahwa tugas polisi bukan cuma mengamankan lokasi saja, tapi melakukan pengamanan sepanjang perjalanan, mulai dari kedatangan presiden di Bandara Supadio, hingga pengamanan terhadap sejumlah menteri yang sudah tiba di Ketapang menuju ke Kayong Utara.

“Anggota yang akan saya kerahkan semuanya ada seribu sembilan ratusan, namun yang saya catatkan di Kodam itu ada seribu tiga ratusan, kemungkinan bisa lebih dari itu,” jelasnya.

Rencananya, tercatat ada 25 menteri dan sejumlah pejabat selevel kementerian yang akan menghadiri acara Sail Karimata ini. “Kemudian dari delegasinya sendiri ada sekitar 30 dari negara asing, dan undangan yang resmi di undang dari pusat maupun dari daerah ada sekitar tiga ribu, namun undangan yang untuk masyarakat ada tujuh ribu, ini hasil rapat kita di Jakarta kemarin, ya mudah-mudahan semunya berjalan lancar dan aman,” kata Musyafak. [FR]