KSATRIA, (BSP)–Dalam amanat Kapolri Tito Karnavian saat ulang tahun Satpam ke-36 menegaskan bahwa satpam adalah anak kandung dari Polri. Untuk itu, keberadaan satpam sangat strategis untuk menciptakan lingkungan industri yang aman dan nyaman.

Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) sebagai organisasi gabungan dari perusahaan-perusahaan yang membidangi jasa pengamanan memiliki tanggung jawab besar terhadap keberadaan satpam di bawah naungan badan usaha jasa pengamanan (BUJP).

Ketua Panitia Rapimnas ABUJAPI III, Joko PN Utomo mengatakan, kegiatan Rapimnas ini sebagai bentuk komitmen para BUJP untuk memajukan satpam ke depan. “Rapimnas ini akan membahas tentang Penguatan Organisasi, Regulasi Support, Business Support dan Stakholder Colaboration,” katanya di Yogjakarta.

Joko menambahkan, Rapimnas ABUJAPI III diselenggarakan pada tgl 27-29 April 2017 di Yogjakarta. Kegiatan ini untuk meneguhkan kembali komitmen BUJP untuk lebih profesional lagi dalam mengelola industri security dan anggota satpamnya.

Rapimnas ABUJAPI III memiliki tagline ‘ABUJAPI Golden Way 2017 – 2022’ ini mengusung Tema besar : “Meneguhkan peran ABUJAPI melalui sinergi dan kompetensi profesi menuju BUJP Nasional yang tangguh dan Profesional’.

Menurut Joko, kegiatan Rapimnas ABUJAPI III ini akan dihadiri oleh 24 perwakilan dari seluruh Indonesia. Di mana sebelumnya, beberapa wilayah telah menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda), seperti di Sumatera Selatan, Jambi, Aceh, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Banten, dan Kalimantan Barat.

Adapun rangkaian Rapimnas ABUJAPI III ini akan dibuka langsung oleh Kakor Bimas Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Arkian Lubis pada Kamis, 27 April 2017, sekaligus juga akan mengisi materi tentang penguatan peran ABUJAPI sebagai mitra Polri.

Selain itu, ada juga pembekalan dari Dewan Pendiri ABUJAPI Irjen Pol. (Purn)H.M. Hindarto, M,Si, dan Presentasi tentang Rancangan Usulan Program Kerja BPP ABUJAPI oleh Ketua Umum ABIJAPI Bpk. Budi Rianto SH.

Pada Rapimnas ini juga akan membahas isu-isu strategis,  Misalnya saja soal Perijinan BUJP, keanggotan BUJP, Kartu anggota satpam, Standart Pengupahan SATPAM, dan lain sebagainya.

Diakhir kegiatan Rapimnas ABUJAPI ini akan ada kunjungan kerja ke pabrik tekstil SRITEX di Sukoharjo Solo Jawa tengah. Harapannya seragam satpam yang dikeluarkan perusahaan BUJP se Indonesia, akan memiliki standar mutu serta warna yang sama semua.

“Kami berharap, kegiatan Rapimnas ABUJAPI III ini bisa memberikan yang terbaik untuk para satpam dan industrial security  di Indonesia menjadi lebih profesional lagi,” tutur lelaki yang juga Direktur Utama PT. Bravo Satria Perkasa ini.

Untuk menciptakan suasana kekeluargaan diantara pengurus ABUJAPI, panitia juga menggelar Family Gathering (Istri & anak Keluarga Besar ABUJAPI) untuk lebih mengikat bathin dari seluruh pengurus, baik itu dari BPP maupun BPD, “Agar lebih harmonis dan kuat lahir bathin dalam membangun organiaasi ini,” ujar Joko PN Utomo  sang Ketua OC RAPIMNAS III ini. [ROJI]