KSATRIA–Presiden Joko Widodo, Jumat (9/9/2016) sekitar pukul 17.30 WIB resmi melantik Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara.

Acara pelantikan dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara termasuk perwira tinggi Polri dan TNI. Tampak hadir juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri serta Kepala BIN sebelumnya, Sutiyoso.

Dengan mengenakan jas dan kopiah hitam, Budi Gunawan mengucapkan sumpah jabatan, “Demi Allah saya bersumpah, saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.”

Pengambilan sumpah kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan bersama Presiden Joko Widodo.

Acara pelantikan berjalan singkat dan khidmat ditutup lagu Indonesia Raya kemudian dipenghujung acara Presiden memberikan ucapan selamat diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Beberapa pejabat negara hadir pada pelantikan itu. Sejumlah anggota kabinet juga hadir, seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya, Menkes Nila F Moeloek, MenPAN RB Asman Abnur, Menteri KKP Susi Pudjianstuti, serta Kepala BIN yang akan diganti Sutiyoso dan isteri.

Hadir juga para ketua Lembaga tinggi negara, seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Wakil Ketua MK Anwar Usman, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua DPD Irman Gusman, serta dan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Tak ketinggalan jajaran jenderal polisi dari Mabes Polri dan Polda hadir dalam pelantikan ini. Mereka menyaksikan pimpinan mereka Wakapolri Komjen Budi Gunawan yang dilantik jadi Kepala BIN. [FR]