KSATRIA| Jakarta–Situasi di Mako Brimob Kelapa Dua Depok berangsur kondusif. Mabes Polri mengaku sudah dapat mengendalikan kondisi usai kerusuhan terjadi antara petugas dan tahanan, Selasa (8/5/2018) malam.

Kendati demikian, polisi terus melakukan negosiasi dengan tahanan. Kabiro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal menuturkan, proses negosiasi dilakukan agar napi mengikuti prosedur tahanan di Mako Brimob.

“Komunikasi bahwa mereka dapat dengan tenang mengikuti semua aturan yang ada di tahanan,” kata Iqbal, Rabu (9/5/2018) siang.

Menurut dia, penanganan kerusuhan telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Iqbal juga menegaskan tidak ada penambahan pasukan untuk menangani kericuhan.

Iqbal belum dapat menjelaskan apakah ada korban yang di rumah sakit karena polisi masih melakukan pendekatan kepada tahanan.

“Kami terus melakukan proses-proses yang persuasif kepada tahanan. Kita tentunya punya strategi khusus,” ujarnya.

Mengenai adanya informasi korban meninggal dunia dalam kerusuhan, Iqbal mengatakan, dirinya terus memantau kondisi sejak tadi malam dan tidak ada korban jiwa. “Apa yang di klaim si A dan si B, dan lain- lain itu tidak benar. Sampaikan kepada masyarakat bahwa kami saat ini sudah dapat menguasai keadaan,” tutur Iqbal.

Situasi di luar Mako Brimob Kelapa Dua masih dijaga ketat. Tampak anggota Brimob bersenjata lengkap berjaga di sepanjang Jalan M Yasin. Polisi mensterilkan lokasi hingga radius 600 meter dari pintu masuk Mako Brimob. [RJ]