KSATRIA, (BSP)–Gelaran Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-36 di Jakarta akan digelar pada Sabtu, 14 Januari 2016 pukul 08.00 WIB di Kawasan Monumen Nasional (Monas). Rencananya, Kapolri Jend. Pol  Tito Karnavian akan menjadi Inspektur Upacara.

Menurut Agust Pramono, salah satu panitia Upacara HUT Satpam ke-36, kegiatan upacara ini merupakan kegiatan bersama antara Polri,  Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) dan Asosiasi Profesi Security Indonesia (APSI)

“Bapak Kapolri positif akan menjadi inspektur upacara dalam kegiatan ini,” papar Agust seperti dikutip JurnalSecurity.com, Rabu (4/1/2017).

Untuk memeriahkan upacara HUT Satpam ini, pihak Panitia akan melibatkan minimal 10.000 satpam yang ada di wilayah Jakarta Raya. “Masing-masing Polres rencananya akan mengerahkan seribu personel satpam,” paparnya.

Selain kegiatan upacara, menurut Agust juga akan ada kegiatan pemberian penghargaan kepada satpam berprestasi, peragaan ketangkasan seperti keterampilan borgol, tongkat, beladiri dan baris berbaris.

“Nanti juga ada atraksi simulasi penanganan persoalan atau perkara di perusahaan yang melibatkan satpam Sigap,” ujar Ketua V Bidang PAM Industri dan Jasa Keuangan BPP ABUJAPI.

Agust berharap kegiatan upacara HUT Satpam ke-36 berjalan lancar. Adanya kegiatan ini membuktikan eksistensi satpam sangat penting dalam dunia industri, karena mereka yang menjaga keamanan di wilayah industri, “Kita harus hargai dan apresiasi keberadaan satpam yang telah banyak membantu menciptakan keamanan di dunia industri,” tuturnya. [FR]