KSATRIA, (BSP)–Jelang lebaran 2017, polisi akan membantu pengamanan di area perumahan yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya akan melakukan sejumlah pengamanan di perkampungan hingga pertokoan yang ditinggal penghuninya.

“Seperti biasanya kami kedepankan untuk bagaimana mengorganisasikan pengamanan di perumahan, pusat pertokoan, kemudian di perkampungan apabila meninggalkan lokasi dalam kaitan tujuan mudik,” jelasnya seperti dilansir arah.com.

Untuk pengamanan perumahan dan pertokoan, Rikwanto menjelaskan akan berkoordinasi dengan satpam setempat. Melalui koordinasi itu, satpam akan diberikan arahan-arahan jika melihat sesuatu yang tidak wajar di lingkungannya.

“Kalau komplek perumahan ada satpamnya kami akan briefing untuk beri tahu teknis keamanan yang baik. Siapa yang pulang dan datang harus dicatat. Apabila ada yang masuk ke pemukiman tersebut dengan mengaku saudara atau apa, itu wajib diwaspadai,” jelasnya.

Rikwanto juga mengatakan agar Satpam tetap melakukan komunikasi dengan polisi. “Apabila butuh bantuan polisi kami akan tingkatkan pengamanan disitu,” katanya.

Sementara untuk lingkungan perkampungan, polisi meminta agar sistem keamanan dari masyarakat, siskamling, harus mampu bergerak dan bekerja sama dengan polisi.

“Untuk perkampungan pedesaan yang meninggalkan rumahnya mudik, ini kita harapkan polisi dan masyarakat bekerja sama. siskamling ditumbuhkan. Khususnya bagi yang tidak mudik,” ujarnya. [ROJI]