KSATRIA | Jakarta–Presiden Joko Widodo meminta Polri terus melakukan langkah persuasif tetapi tegas dalam penegakan hukum, khususnya yang terkait penanganan pandemi Covid-19. Pesan itu disampaikan Jokowi dalam peringatan ke-74 Hari Bhayangkara tahun 2020 di Istana Negara, Rabu (1/7/2020) pagi.

“Lakukan dengan persuasif dan humanis tapi tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam setiap penindakan pelanggaran hukum,” kata Jokowi.

Kepala Negara menegaskan, pada masa pandemi Covid-19 ini peran Polri sangat dibutuhkan, baik untuk mengatasi masalah kesehatan maupun ekonomi. Oleh karena itu, jajaran Polri dari seluruh tingkatan harus terlibat membantu mengatasi dampak pandemi ini.

“Mulai dari jajaran mabes, polda, polres, polsek, sampai Babinsa harus mengajak masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengingatkan jajaran Polri juga harus aktif dalam mengawal penyaluran bantuan sosial serta turut menjaga keamanan ketertiban. “Agar situasi tetap kondusif aman dan damai,” kata Jokowi.

Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19. .

Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Pada peringatan  HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”. [admin]

Sumber gambar : https://img.beritasatu.com/cache/investor/798×449-2/1593569775.png