KSATRIA, (BSP)–Pengamanan di Istana Kepresidenan jelang peringatan detik-detik proklamasi berlangsung sangat ketat, Rabu (17/8/2016).

Ketatnya pengamanan ini sudah terlihat di Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya 100 meter menuju Istana sudah dilakukan pengecekan kendaraan yang hendak menuju Istana.

Pengamanan awal tersebut terlihat sudah berdiri beberapa petugas Paspampres bersenjata lengkap yang memerika secara detail kendaraan yang akan masuk ke Istana.

Anjing pelacak pun turut ambil bagian untuk memeriksa kendaraan yang membawa tamu undangan yang hendak mengikuti upacara kemerdekaan.

Di pos penjagaan pertama tersebut juga terpantau diparkir kendaraan taktis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekeliling Istana pun terlihat mendapat penjagaan cukup ketat dari aparat TNI maupun kepolisian. Aparat TNI bersenjata laras panjang berjaga di setiap lima meter.

Imbas digelarnya upacara kemerdekaan tersebut terjadi penutupan jalan yang melintasi kawasan Istana Negara.

Kemacetan di beberapa titik ruas jalan pun tidak dapat dihindarkan karena terjadi penumpukan kendaraan.

Setidaknya Polda Metro Jaya menurunkan 1.117 personel untuk mengamankan upacara peringatan HUT RI ke-71 di Istana Negara.

“Jumlah personel pengamanan 1.117 personel terdiri dari personel Polda Metro Jaya 953 dan Polres Metro Jakarta Pusat sebanyak 164 personel,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya.

Selain di Istana Negara, polisi juga menurunkan personel untuk pengamanan malam apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

“Kami menurunkan 509 personel. Untuk personel Polda Metro sebanyak 331 dan Polres Metro Jakarta Selatan 178 personel,” ujarnya. [ROJI]