KSATRIA–Keamanan  merupakan garda depan perusahaan, karenanya sekuriti dituntut untuk bisa mengantispasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan oleh pemilik perusahaan. Misalnya, kejadian dari pencurian, perampokan, yang bisa merugikan perusahaan.

Menyikapi kebutuhan profesionalisme sekuriti untuk menjaga pengamanan aset, maka PT. Bravo Satria Perkasa (BSP) perusahaan yang bergerak di jasa pengamanan membekali para personilnya dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Agar saat bertugas di lapangan bisa memaksimalkan perannya menjaga aset perusahaan.

Gada pratama-2Untuk membekali personil sekuriti BSP, Novri Yaspa Putra sebagai Kadiklat BSP terus mengagendakan kegiatan pelatihan untuk personil sekuriti BSP agar mengikuti pelatihan Gada Pratama dan Gada Madya.

Menurut Novri, Gada Pratama merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota Satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Sementara Gada Madya, merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran.

Adapun materi pelatihan yang diajarkan diantaranya Interpersonal Skill; Etika Profesi; Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak; Barang Berharga dan Latihan Menembak; Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan.

Untuk tahun 2016, BSP telah menyelenggarakan empat pelatihan Gada Pratama yang diselenggarakan di GOR Ciracas, di Wisma Popski Cibubur, Rembang, Purwokerto. Rata-rata pesertanya berjumlah 100 sampai 150 orang. “Kami juga akan menggelar pelatihan Gada Pratama pada September yang akan datang ditempatkan di Area Jawa 1,” katanya.

Novri mengatakan bahwa fungsi dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sekuriti agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, dengan cara menerapkan apa yang telah didapatkan selama dalam pelatihan Gada Pratama.

Sementara itu untuk penyelenggaraan pelatihan Gada Madya, BSP masih menyelenggarakan selama tiga kali, yaitu tahun 2011, 2013 dan 2014, dengan jumlah peserta rata-rata 30 peserta. “Untuk Gada Madya memang tidak sebanyak Gada Pratama karena yang ikut setingkat supervisor yang jumlahnya juga tidak banyak,” terangnya. [FR]