KSATRIA, (BSP)—Setelah menggelar Musyawarah Daerah atau Musda pemilihan ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Sumsel, akhirnya menghasilkan Novembriono alias Boy selaku Direktur Perisai Guard sebagai ketua masa bakti 2017-2021.

“Ada tiga calon yang maju. Novembriono yang meraih 13 suara, H Bobbi Adhi Gautama Alex (9 suara), dan Sinta (2 suara). Sebelumnya setiap peserta menulis satu nama untuk maju sebagai calon ketua,” ungkap Ketua Panitia Musda I BPD Abujapi Sumsel, Rano Karno dikutip sumeks.co.id, Selasa (15/11).

Ketua Umum BPP Abujapi, Budi Rianto menjelaskan, saat ini total satpam di Sumsel mencapai 7.000 orang. Jika ditinjau dari sisi perputaran roda ekonomi terbilang sebuah angka yang tidak sedikit.

“Seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat, berimbas pula kepada kebutuhan akan satpam. Makanya peran seorang satpam yang professional sangat penting, utamanya untuk pengamanan yang berbau industrial,”  paparnya.

Wadir Binmas Polda Sumsel, AKBP Slamet Widodo yang membuka musda I BPD Abujapi Sumsel menyebut peran satuan pengamanan (Satpam) utamanya pada perusahaan perkebunan hingga perumahan saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dan bukan lagi sebagai pelengkap.

“Yang pertama kali mendatangi TKP itu satpam, makanya selama pendidikan kita juga bekali mereka dengan ilmu-ilmu yang ada di kepolisian, karena mereka akan berhadap-hadapan secara langsung dengan pihak-pihak yang bertikai bahkan penjahat,” tutupnya.

Agenda terdekat BPD Abujapi Sumsel adalah menyukseskan HUT Satpam 30 September mendatang. Akan bentuk kepanitian. Kepanitiaan inilah dijadikan susunan pengurus. “Kita akan lihat loyalitasnya dalam perayaan HUT Satpam,” ujar Boy nama sapaan Novemberiono. [FR]