KSATRIA | Jakarta — Polri berencana akan memperkenalkan seragam satpam yang baru dari warna cokelat ke krem. Namun perubahan itu terjadi hanya untuk atasan seragam satpam saja. Sementara untuk bawahan tetap warna cokelat tua.

“Rencananya itu pergantian (seragam satpam) atasan atau baju saja. Baju yang warnanya cokelat muda menjadi krem. Artinya, tidak mengubah secara total masih ada sedikit kemiripan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (19/1).

Polri beralasan, masyarakat bisa lebih mudah membedakan antara satpam dan anggota polisi.“Ini supaya tidak bingung ketika ada masyarakat ingin melaporkan kepada kepolisian, bisa tahu itu polisi atau satpam,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ramadhan mengatakan, bahwa Polri tetap mempertahankan adanya kemiripan seragam satpam dengan anggota polisi. Pasalnya, satpam dinilai sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga harus memiliki identitas sendiri.

Sementara kesamaan antara seragam satpam dan polisi yakni tetap memakai logo Polda setempat. Sedangkan untuk papan nama, satpam memakai warna dasar putih, sedangkan Polri hitam, lalu perbedaan lainnya juga di pakaian dinas lapangan (PDL).

“Jadi awalnya kenapa putih biru, itu memberikan kehadiran fungsi-fungsi kepolisian di masyarakat sehingga dapat menimbulkan rasa aman di masyarakat,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan Jurnal Security sebelumnya, Mabes Polri telah mengeluarkan Surat Telegram (ST) yang ditandatangani atas nama Kabarhakam Polri Kakorbinmas, Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Surat Telegram tersebut bernomor : ST/33/I/OPS.4.3.2022 itu berisikan tentang penyelenggaraan HUT Satpam yang ke-41.

Adapun dalam juknis pelaksanaan hari jadi satpam itu, anggota satpam yang mengikuti upacara diminta untuk menggunakan seragam PDH yang terbaru, yakni pakaian atas bewarna kream dan pakaian bawah bewarna cokelat tua.

Upacara HUT ke-41 Satpam Tahun 2021 akan digelar di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, pada 31 Januari 2022. Rencananya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan langsung menjadi Irup dalam peringatan hari besar Satpam itu.[Adm]

Share This: