KSATRIA, (BSP)–Secara fungsional dan strukutural keberadaan satpam memiliki peran startegis dalam menjaga keamanan industri. Karena satpam menjadi garda terdepan dalam menjaga kondusivitas perusahaan. Hal ini penting untuk mendorong pembangunan di Indonesia. Demikain Kapolri Tito Karnavian dalam sambutan HUT Satpam ke-36 di depan ribuan satpam di Monas, Sabtu (14/1).

Kapolri Tito menegaskan, di tengah persaingan global, profesional satpam harus terus ditingkatkan untuk bisa bersaing dengan satpam profesional asing, terutama pada bidang 12 industrial security guna mengantisipasi security profesioanal asing.

“Prioritas penyiapan anggota satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing, semakin mendesak untuk direalisasikan khususnya pada 12 (dua belas) spesialis industrial security guna mengantisipasi security profesional asing,” katanya.

Kapolri menghimbau agar posisi security pada industri strategis dan objek vital nasional tidak diduduki oleh security asing. Posisi security dalam organisasi hendaknya dipegang oleh anggota satuan pengamanan yang memenuhi regulasi yang mengaturnya.

“Kita tidak boleh kalah karena kita yang tau lingkungan kerja kita. Kita yang tau Indonesia,” tegas Kapolri.

Untuk itu, tambah Tito, ia berharap hendaknya satpam bukan hanya menjadi keahlian belaka tapi harus menjadi profesi. “Profesi itu memilik syarat, beda dengan keahlian. Untuk itu saya minta satpam menyadari ini profesi yang mulia dan harus dihormati,” katanya. [ROJI]