KSATRIA| Jakarta–Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. memimpin langsung upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 tahun 2019 di Lapangan Sepolwan Jakarta Selatan, Rabu (22/01/2020) pagi.

Kegiatan upacara HUT Satpam ke-39 ini mengusung tema ”Satuan pengamanan berbasis kompetensi mewujudkan SDM Unggul untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia maju”.

Dalam arahannya, Kapolri Idham mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada  seluruh satpam dan mengucapkan selamat ulang tahun kepada satpam di manapun berada. “Atas nama Pimpinan Polri, saya juga bangga mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota satpam di manapun berada. Semoga satpam senantiasa profesional dan esistensinya semakin dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya di depan ribuan satpam seperti dilansir jurnalsecurity.com.

Idham juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan HUT Satpam dan mengapresiasi para pimpinan badan usaha jasa pengamanan (BUJP), pengurus asosiasi pengamanan dan segenap stakholder terkait lainnya atas kerajsama sinergis dalam memelihara stabilitas Kamtibnas yang kondusif, “Semoga sinergi ini terus senantiasa terpelihara dengan baik dan ditingkatkan,” jelasnya.

Di hadapan para tamu undangan dan satpam, Kapolri juga memberikan penghormatan kepada Bapak Satpam Indonesia Almarhum Prof Dr Awaloedin Djamin, MPA yang juga mantan Kapolri ke-8 ini.

“Mari kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus sebagai Bapak Satpam Indonesia yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan satpam sebagai profesi yang luhur dan mulai ini. Semoga alamarhum mendapatkan tempat di sisi Allah SWT,” tuturnya.

Idham berharap, sebagai generasi penerus hendaknya bisa meneladani perjuangan Bapak Satpam Indonesia dalam melaksanakan tugas sebagai satpam.

Dalam pelaksanan tugas di lapangan, satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam memelihara Kamtibmas, karena itu setiap satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan pengamanan di lingakungan kerjanya.

“Eksistensi satpam  juga berkontribusi besar dalam mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan menjamin keamanan dalam upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif,” tegasnya.

Idham juga menambahkan, bahwa tema satpam kali ini, selaras dengan kebijakan Presiden yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Kamtibmas.

Hadir dalam upacara HUT Satpam ini segenap pimpinan asosiasi pengamanan, seperti ABUJAPI, APSI, ASIM, APJATIN, ATISI, dan pimpinan para BUJP di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. [roj]