KSATRIA | Palembang — Petugas keamananan (Satpam) diharapkan semakin solid dalam membantu tugas kepolisian. Apalagi dengan kemajuan Iptek, satpam tidak boleh tertinggal.

Demikian hal itu dikatakan Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, saat launching aplikasi ‘Satpam Hebat’ akronim dari handal, efektif, berteknologi, adaktif, dan tepercaya, di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (3/11).

Lebih lanjut Toni menerangkan, dengan adanya aplikasi “Satpam Hebat”, ini akan memudahkan satpam dalam pelayanan. “Satpam bisa amankan kejadian di awal, lalu bisa lapor polisi dan polisi datang. Dan saat olah TKP, satpam bisa bantu amankan lokasi,” katanya.

Toni menjelaskan, manfaat aplikasi ‘Satpam Hebat’ ini banyak sekali, salah satunya dapat mendekteksi keberadaan satpam dari Mapolda Sumsel, dan mengkoordinir penempatan mereka harus berada agar sesuai dengan fungsi mereka sendiri.

“Sehingga kejahatan dapat diminimalisir tindak kejahatan, serta potensi-pontesi kejahatan itu dapat diantisipasi dengan cepat,” jelasnya.

Sementara, lanjut jenderal bintang satu ini, untuk pengelolaan administrasi akan lebih membuat efektif bisa download dari aplikasi tersebut.

“Dan akan mudah terpantau apabila terjadi gangguan kamtibmas daerah lain dengan cepat,” terangnya.

Direktur Binmas Polda Sumsel Kombes Pol Heru mengatakan, aplikasi ini memiliki dua manfaat operasional yang dirasakan sistem, di mana pemetaan satpam yang bertugas atau piket kedua mengetahui kejadian.

“Dengan sistem tersebut jadi kita tau siapa yang siaga pada saat itu hari dan jamnya apabila terjadi atau Kamtibmas didaera tersebut. Bisa langsung menghubungi kepolisian dengan cepat agar tidak meluap dan dengan cepat redam,” katanya.

Heru juga menambahkan, kalau aplikasi ‘Satpam Hebat’ ini baru pertama kali ada yaitu di Sumatera Selatan,dan pelayanan mulai proses KTA online, permohonan absen dan lainnya,

Turut hadir dalam acara ini di antaranya Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, PJU Polda Sumsel, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira, Ketua ABUJAPI BPD Sumsel, Novembriono, Ketua DPD APSI Sumsel, perwakilan dari Disdukcpil dan PT Telkom Tbk.[Adm]