KSATRIA | Aksi tabur bunga menghiasi area pemakaman mendiang Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (30/12/2022).

Seremonial sederhana itu dilaksanakan lembaga keamanan negara seperti Polri dan lembaga keamanan swasta, yakni para anggota Satuan Pengamanan (Satpam) dalam memperingati HUT Satpam ke-42.

Tabur bunga dilakukan di makam Awaloedin Djamin lantaran dari tangannya lahir sebuah satuan yang bertugas untuk membantu Polri dalam menjaga keamanan serta ketertiban umum di Tanah Air.

Mendiang mendirikan Satpam lewat Surat Keputusan Kapolri No.Pol.:SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang Pola Pembinaan Satpam.

Tanggal ini yang kemudian dijadikan hari lahir Satpam dan setiap tahunnya diperingati sebagai HUT Satpam Indonesia. Gagasannya itu pun membuat mendiang dijuluki sebagai Bapak Satpam Indonesia.

Gagasan awal dari pembentukan Satpam tak lepas lantaran keterbatasan jumlah polisi dalam menjaga keamanan. Dengan personel terbatas, Polri tidak mungkin menjaga daerah pertokoan dan perkantoran.

Saat itu Awaloedin mengusulkan adanya Satpam yang dibiayai oleh kantor tertentu. Hanya saja, latihan dasar dari Satpam diberikan oleh pihak kepolisian.

“Hari ini kita mengenang jasa beliau (Awaloedin -red) dengan hadir untuk melakukan ziarah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka HUT Satpam yang ke-42 yang jatuh hari ini,” kata Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto.

Lebih lanjut, Hary menjelaskan, kehadiran Polri dalam memperingati HUT Satpam ke-42 dengan melakukan ziarah ke makam Jenderal Pol (purn) Awaloedin tak lepas sebagai wujud sinergi sejak satuan tersebut didirikan.

“Sesuai dengan ulang tahunnya, kita mengangkat tema Sinergitas Satpam dan Polri Peduli atas Sesama. Tentunya kita juga akan fokus kegiatan sosial untuk memberikan dukungan moril kepada masyarakat (yang terkena musibah dan bencana -red), sehingga kebahagiaan bisa kita rasakan bersama-sama,” ujar Hary.

Seperti diketahui, selepas melakukan ziarah sebagai simbol HUT Satpam ke-42, nantinya juga akan digelar upacara puncak. “Upacara akan kita lakukan di tanggal 30 Januari 2023 secara serentak dan akan dilaksanakan upacara di Polda-Polda,” pungkasnya. []

Sumber berita : harianterbit.com

Share This: