KSATRIA | Jakarta–Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menerima audiensi Ketua Umum BPP ABUJAPI Agoes Dermawan beserta pengurus lain di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Agoes Dermawan menjelaskan, sebagai asosiasi badan usaha jasa pengamanan, ABUJAPI beranggotakan 2.800 perusahaan, 1.800 di antaranya adalah BUJP aktif. Adapun jumlah Satuan Pengamanan (Satpam) yang dikelola sebanyak 650.000 personel yang sudah ikut Gada Pratama, dan 500.000 personel belum ikut Gada Pratama.

Kabaharkam Polri berpesan agar peran Satpam dikembalikan ke khittahnya demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, peran Satpam adalah menjalankan fungsi kepolisian terbatas. Hal ini sesuai Pasal  3 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 yang menjelaskan bahwa pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh kepolisian khusus, penyidik pegawai negeri sipil, dan/atau bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Selain itu, Kabaharkam Polri menekankan, saat ini jajarannya tengah gencar melibatkan seluruh potensi masyarakat terkait pemeliharaan kamtibmas (Harkamtibmas). Hal ini dilakukan guna menjaga ekosistem keamanan yang kondusif. Salah satu caranya adalah dengan mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan untuk meminimalisir terjadinya kejahatan.

“Kalau masyarakat sejahtera, tidak mungkin ada kejahatan konvensional. Karena angka kejahatan konvensional dalam lima tahun terakhir sangat mendominasi. Bhabinkamtibmas bisa mendorong instansi di pemerintahan desa untuk singkronkan program-program kebijakan dalam rangka kesejahteraan masyarakat,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Untuk itu, Kabaharkam Polri mengajak BUJP yang tergabung dalam ABUJAPI untuk dapat ikut membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui dana tanggung jawab sosial.

Turut hadir dalam kesempatan ini mendampingi Ketum BPP ABUJAPI, Cecep Darmadi (Waketum), Suryawisesa (Sekjen), Andiko (Bendum), Ganda P (Ketua), Maringan (Ketua), dan Candra (ALC). [roj]

Sumber: penanusa.com