KSATRIA | Bandung–Dalam Rapat Koordinasi Korbinmas Baharkam Polri dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) di Bandung pada 16 Oktober 2020, Kombes pol. Drs Sutrisno Dewo Gono Mukti selaku Kasubdit Binkamsa Korbinmas Mabes Polri melakukan sosialisasi Binmas Online Sistem (BOS) yang akan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS).

Adanya rencana penerbitan SIO Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang terintegrasi dengan OSS serta BOS ini akan mempercepat proses melengkapi administrasi BUJP terkait perijinan.

BOS merupakan aplikasi yang dikelolah Korbinmas Mabes Polri dan memiliki tujuh fitur didalamnya, yaitu Aplikasi Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Publik BOS, Aplikasi Sistem Informasi BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) Online, Aplikasi Sistem Informasi Satpam Online, Aplikasi Website Binmas, dan Aplikasi Dashboard.

Berikut adalah 10 tahapan permohonan SIO melalui aplikasi Binmas Online System (BOS) yag sudah terintegrasi dengan OSS.

  1. BUJP dapat melakukan pendaftaran di dalam web bujp.polri.go.id. Kemudian setelah muncul tampilan tinggal klik tombol registrasi
  2. Kemudian anda akan diminta mengisi data. Mohon untuk mencatat email yang anda gunakan, nama user dan password, karena itu nanti yang anda gunakan untuk login setelah SIO dikeluarkan.
  3. Setelah itu anda scroll kebawah akan terlihat berkas berkas yang perlu anda upload untuk kebutuhan verifikasi dari operator Polda. Berkas yang anda Upload dalam bentuk softcopy seperti sebagai berikut: 1. Surat Permohonan. 2. Akta Pendirian. 3. Struktur Organisasi. 4. Daftar Riwayat Hidup Pimpinan. 5. KTP. 6. Nomor Pokok Wajib Pajak. 7. Domisili. 8. Surat Pernyataan Bermaterai Tidak Menggunakan Tenaga Asing. 9. Surat Pernyataan Bermaterai menggunakan Seragam Satpam. 10. Standar Operasional Prosedur. 11. Keanggotaan Asosiasi. 12. Surat Izin Operasional. 13. Foto Peralatan Keamanan. 14. Foto Sarana Prasarana. 15. Foto Kawal Angkut. 16. Foto Sarana Prasarana Satwa. 17. KSWP
  4. Setelah anda klik “SIMPAN” maka akan tampil notifikasi. Apabila anda klik “YA” maka registrasi anda akan otomatis terkirim.
  5. Rekan Operator dari Polda akan melakukan verifikasi data yang di input oleh BUJP. Kemudian apabila sudah sesuai silahkan klik “Setuju”
  6. Hasil Verifikasi akan diinfokan oleh sistem dengan mengirimkan email kepada BUJP tersebut.
  7. Polda akan menentukan jadwal audit BUJP. BUJP akan mendapat notifikasi jadwal Audit di Email.
  8. Operator Polda akan mengisi hasil penilaian audit dalam aplikasi. BUJP akan mendapat notifikasi hasil penilaian Audit di Email.
  9. Polda mengisi Surat Rekomendasi dan mengupload softcopy Surat Rekomendasi dan Bukti Bayar PNBP. BUJP akan mendapatkan notifikasi email.
  10. Operator Mabes memvalidasi permohonan SIO yang sudah ternotifikasi dalam aplikasi BOS dan otomatis masuk dalam aplikasi OSS. BUJP mendapatkan notifikasi SIO sudah selesai dan BUJP dapat mencetak SIO pada computer masing-masing.

Agar pelayanan permohonan SIO BUJP tidak terhambat sambil menunggu proses sistem integrasi dengan OSS, maka akan diterbitkan SIO BUJP dengan format lama tetapi ditandatangani oleh kepala BKPM, berikut prosesnya:

  1. Pejabat Penghubung Polri menerima dan cek kelengkapan berkas permohonan SIO BUJP yang datang ke BKPM dengan membawa soft copy dan hard copy sesuai persyaratan penerbitan SIO BUJP
  2. Tim Monitoring BKPM mencatat berkas permohonan SIO BUJP yang masuk
  3. Berkas permohonan SIO BUJP dari BKPM diantar ke Korbinmas Baharkam Polri
  4. Berkas permohonan SIO BUJP diserahkan kepada petugas verifikator Korbinmas untuk selanjutnya diproses dalam bentuk draf SIO dengan menggunakan draft Polri yang telah ada dan dicetak diblanko SIO lama
  5. Draft SIO akan diparaf Kasubditbinkamsa, Dirbinpotmas dan Kakorbinmas
  6. Draft SIO yang telah diparaf oleh pejabat berwenang dikirim ke Tim Monitoring BKPM menggunakan Surat Pengantar
  7. Selanjutnya Tim Monitoring yang akan mencetak dan memberikan penoroman sesuai kesepakatan Polri dengan BKPM
  8. SIO BUJP diterbitkan oleh BKPM sesuai format Polri namun menggunakan logo Garuda dan ditandatangani oleh Kepala BKPM
  9. Setelah SIO terbit, pemohon dapat mengambil SIO tersebut pada Tata Usaha BKPM