KSATRIA| Jakarta–Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) bekerjasama dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menggelar pelatihan Pemantapan Nilai-nilai (Taplai) Kebangsaan Angkatan pertama pada 27 Januari sampai 2 Februari 2020 di Gedung Lemhannas jalan Merdeka Selatan no.10 Jakarta Pusat.

Dalam pembukaan Pelatihan Taplai Lemhannas ABUJAPI Angkatan ke-1 ini dihadiri olehL TNI (Purn) Agus Widjojo Gubernur Lemhannas RI, Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, SH, MM, MH sebagai Sekretaris Utama Lemhannas, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno, Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan dan Sekjen APSI sekaligus Direktur PT. Bravo Satria Perkasa H. Djarot Soeprianto.

djarot soeprianto direktur bsp
Direktur BSP Djarot Soeprianto saat mengikuti pelatihan Lemhannas ABUJAPI

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan bahwa ini pertama kali Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) mengadakan pelatihan Taplai nilai-nilai kebangsaan dengan Lemhannas.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat berbagi memberikan pencerahan kepada anggota ABUJAPI tentang pemahaman nilai nilai kabangsaan, yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ungkapnya di depan 88 peserta dari anggota ABUJAPI, Senin (27/01/2020).

Agus menambahkan, bahwa tugas pokok ABUJAPI adalah mengelola sumber daya manusia yang meliputi aspek pengamanan fisik, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Selain itu mengelola SDM untuk mengayomi tempat kerja dari ganggunan keamanan.

“Tugas pokok ini penting sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bekerja, menjaga eksistensi pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi di Indonesia, karena itu pamahaman kebangsaan dan nilai kabangsaan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dengan bekal ini, tambah Agus, diharapkan ABUJAPI mampu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Dengan demikian kiranya tepat ABUJAPI melakukan pemantapan nilai kebangsaan ini sebagai wujud kepedulaian atas nasib bangsa.

“Kami berharap setelah selesai mengikuti kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini, saudara dapat mengaplikasikan dengan baik dengan cara berpikir yang komprehensif,  integral,  dan holistik berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, berperan aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa secara profesional dan proporsional, serta membangun komitmen yang kuat bagi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di lingkungan tempat saudara sekalian bekerja,” tegasnya.