KSATRIA | Bandung–Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Jawa Barat bekerjasama dengan LSP P-2 Sekuriti PP Polri, menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan program pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja untuk satpam tingkat Gada Pratama, Senin (05/10/2020).

Bertempat di pusat pelatihan satpam PT. Prima Handanu Bhakti, BPD ABUJAPI Jawa Barat bersama LSP P-2 Sekuriti PP Polri menggelar acara sertifikasi kompetensi, yang diikuti 200 orang satpam se-wilayah Jawa Barat.

ABUJAPI sebagai asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dituntut untuk dapat menetapkan kualifikasi perusahaan bidang pengamanan dan pengawasan standar peningkatan mutu.

Selain itu, ABUJAPI dibentuk untuk mensinergikan kepentingan dan tujuan yang sama, diantaranya menghimpun, membina, mengembangkan kemampuan, kegiatan dan kepentingan usaha, tangguh dan profesional, dan mewujudkan lingkungan yang aman dan tertib.

Untuk mewujudkan hal itu, ABUJAPI Jawa Barat menggandeng BNSP sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas satpam, khususnya yang menjadi anggota ABUJAPI Jawa Barat.

Ketua Umum BPD ABUJAPI Jawa Barat Agus Vickram, SH ,MM, menyampaikan, kegiatan program pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja ini sangat penting, karena sesuai amanat peraturan Kapolri nomor 4 tahun 2020, dimana satpam dalam mengemban tugas wajib menjadi satpam yang terdidik dan terlatih yang sudah lulus uji kompetensi.

”Sebagai mitra Kepolisian, BPD ABUJAPI Jawa Barat terus berupaya mengintegrasikan program dan kegiatannya sesuai dengan arah visi, misi, dan program serta kebijakan Polri dalam menghadapi tantangan dan tuntutan pengamanan,” ucapnya dilansir liputan4.com.

Lanjutnya, mulai hari ini kita mendapatkan kepercayaan bekerja sama dengan PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara (ABB), untuk memberikan perlindungan resiko dan program asuransi kepada anggota satpam. Dimana anggota satpam yang mengikuti uji kompetensi saat ini sudah otomatis menjadi peserta/nasabah asuransi PT. ABB untuk mendapatkan fasilitas asuransi resiko diluar jam kerja.

“Kami ucapkan terimakasih kepada panitia dan Ibu Tantri atas support tempatnya, semoga semua pengorbanan mendapat balasan Alloh SWT. Kami berharap jika kedepan sekuriti Indonesia menjadi profesi mulia dan profesional yang berkompeten dibawah BUJP, dan anggota ABUJAPI semakin bersinergi, dinamis, dan terus maju bersama-sama, ” pungkas Agus Vickram. [adm]