KSATRIA | Jakarta – Komunitas Forum Gada Madya Indonesia (FGMI) menggelar pertemuan dengan Ketua umum Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI), Azis Said di RM Selera Ampera Raya, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/2).

Turut hadir pada pertemuan ini di antarannya Ketua umum APSI, Azis Said SE, Ketua Divisi Ops. APSI, Didi, Ketua FGMI, Fauzy, Bendahara FGMI, Edi Efendi, Sekretaris FGMI, Sukma Sobarna, Humas FGMI, Agus Kaithatsu dan Pipit, Bagian Umum atau Sarana dan Prasarana FGMI, Petrizal.

Ketua FGMI, Fauzy mengatakan pertemuannya dengan APSI adalah membahas terkait kerjasama, salah satunya FGMI ingin menjadi anggota member APSI.

“Selain itu, FGMI juga akan menggandeng APSI sebagai pemateri di training yang akan akan digelar pada Minggu (11/4), di Whiz Hotel Simatupang, Jakarta Selatan,” terang Fauzi.

Sementara Ketua umum Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Azis Said, dalam pertemuanya dengan FGMI menjelaskan tentang sejarah berdirinya Asosiasi Manager Security Indonesia (AMSI) hingga menjadi APSI di tahun 2014.

APSI juga, kata Aziz, terlibat dalam pembentukan Peraturan Kepolisian (Perpol) No 4 Tahun 2020 Tentang Pam Swakarsa, yang sebelumnya disusun pada tahun 2018 lalu.

Lebih lanjut Azis menjelaskan, bahwa APSI juga sudah mengirimkan surat ke Kapolri bahwa setiap Satpam Indonesia harus menjadi member APSI. Karenanya Aziz menyarankan agar FGMI segera tergabung menjadi member APSI.

Selain itu, pertemuan ini menjelaskan perubahan definisi Satpam, yang sebelumnya Satpam dinaungi badan atau instansi, namun sekarang bergeser menjadi sebuah profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas dan memiliki unsur-unsur satpam, di antaranya direkrut dengan bimbingan Polri, memiliki legalitas KTA, dan memiliki status ketenagakerjaan.[Adm]