KSTARIA, (BSP)—Rapat Koordinasi Nasional PT. Bravo Satria Perkasa (BSP) yang berlangsung tanggal 7-9 Desember 2016 bertema “Best supporting for best service with the spirit of next process is our customer”.

Dalam sambutannya, Direktur BSP H Djarot Soeprianto memaparkan tentang next process is our customer. Djarot menjelaskan bahwa customer selain klien yang kita punya di luar, juga yang menikmati hasil dari usaha kita. “Our customer adalah mereka yang menikmati hasil kerja kita,” jelasnya.

Djarot menggambarkan pentingnya memperhatikan customer, misalnya pola sistem penggajian, laporan data dari operasional harus benar dan valid. Sebab data yang salah ketika masuk laporan ke bagian finance juga akan salah. Jika salah maka siap-siap tersendat cairnya. “Customernya siapa itu, kita semua,” paparnya.

“Jangan mendelivery data yang tidak benar. Bayangkan yang di lapangan memberikan laporan salah, maka data yang dikelola oleh admin operasional akan salah, di HRD juga demikian salah, lalu masuk finance juga data yang salah, maka hasilnya ditolak oleh user,” jelasnya.

Djarot memaparkan pengalamannya dulu ketika menjadi auditor, bahwa auditor ketika akan mendelivery data harus validity, accuraty dan completness. Jika tidak meliputi tiga hal tadi, data tidak boleh diberikan.

“Jadi mendelivery yang tidak valid, tidak akurat dan tidak komplete maka akan berimbas pada keberlangsungan perusahaan,” katanya.

Djarot berharap, Rakornas ini harus menjadi momen untuk meningkatkan kualitas layanan kita kepada customer, sehingga motto  one team, one mission dan one goal akan tercapai. “Kita bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat harus kita wujudkan. Fungsi kontrol harus ditingkatkan lagi,” tegasnya. [FR]