KSATRIA, (BSP)–Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan. Setelah setiap hari berjerih payah mengumpulkan uang, liburan sangat bermanfaat untuk menjadi pelepas penat dalam pikiran. Jadi, tidak heran banyak orang yang menghabiskan masa liburannya di tempat-tempat spesial.

Namun, setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari kamu yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, lakukanlah 8 tips berikut ini agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan.

  1. Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja

Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika kita menyukai pekerjaan, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan. Agar bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, pikirkan tentang bertemu dengan teman kerja  yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan, maka akan semakin mudah bagi kita untuk menumbuhkan semangat kerja yang sudah hampir sirna itu.

  1. Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang diselesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, secara tidak langsung kita mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerja bisa kembali meningkat.

  1. Datang Lebih Pagi

Setelah beberapa lama bermalas-malasan berlibur. Saatnya bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan malas itu. Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja. Dengan begini, kita punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan sehingga tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

  1. Mulai Bekerja Secara Perlahan

Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran masih belum sepenuhnya focus pada pekerjaan itu.

  1. Atur Waktu Dengan Bijaksana

Lakukan pekerjaan semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluarga. Dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kita bisa semakin semangat bekerja. Selesai bekerja, lebih dekatlah dengan keluarga. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kita untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

  1. Minta Bantuan Jika Perlu

Mungkin pikiran masih belum fokus pada pekerjaan, jadi merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya. Apabila hal ini terjadi, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerja. Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan.

  1. Jangan Terbawa Teman

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerja yang lain masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kita. Jangan biarkan mereka mempengaruhi, melainkan kita yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerja dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

  1. Langsung Fokus Bekerja

Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan Anda mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Ingat, liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan. [ROJI]

Sumber: Cermati.com