KSATRIA | Apapun profesi yang dijalankan, semua orang harus menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk orang yang berprofesi sebagai satpam. Seorang satpam tentunya harus paham mengenai tugas dan peranannya di perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagai satuan pengamanan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai perilaku serta sikap saat ada tamu perusahaan. Lalu, bagaimana sikap dan etika satpam yang baik saat ada tamu perusahaan? Yuk, simak penjelasannya!

5 Sikap Profesi Satpam Profesional Saat Ada Tamu Perusahaan

Menerima tamu di perusahaan bukanlah hal yang sulit bagi profesi satpam. Namun, ada etika yang penting dilakukan untuk memberikan kesan positif kepada setiap tamu yang datang. Berikut adalah sikap satpam yang baik ketika ada tamu perusahaan.

1. Tunjukan Keramahan dan Profesionalitas

Saat menerima tamu perusahaan, satpam harus mampu menunjukan keramahan serta profesionalitas di hadapan mereka. Jangan lupa untuk memberikan sambutan kepada tamu perusahaan dengan mengucapkan selamat pagi/siang/sore.

2. Sapa Tamu dengan Suara Jelas

Sikap menerima tamu perusahaan yang harus dilakukan satpam adalah menyapa semua tamu dengan suara yang jelas. Selain bisa menunjukkan profesionalitas perusahaan, hal ini juga akan mencegah terjadinya kesalahan dalam penyampaian informasi.

Jika satpam menyampaikan informasi dengan suara yang kurang jelas, maka bisa menimbulkan risiko tamu salah penafsiran akibat tidak mendengar suara satpam dengan baik. Oleh karena itu, setiap satpam harus mampu berbicara dengan lantang dan jelas di depan tamu.

3. Tanyakan Informasi Kepentingan Tamu

Saat tamu datang ke perusahaan, kode etika profesi satpam yang baik saat menerimanya adalah dengan menanyakan informasi dan kepentingan mereka. Tanyakan beberapa hal terkait nama, asal perusahaan, dan siapa yang ingin ditemui oleh tamu tersebut.

Selain berkaitan dengan keamanan, langkah ini juga dilakukan untuk mencegah satpam menyinggung perasaan tamu yang datang, misalnya karena salah menyebut nama. Ini juga dilakukan untuk mempermudah koordinasi dengan rekan kerja agar tamu tidak menemui orang yang salah.

4. Beritahu Tamu Mengenai Orang yang Ingin Ditemui

Jika sudah mengetahui siapa yang ingin ditemui oleh tamu, jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai orang tersebut. Beri informasi mengenai berapa lama tamu harus menunggu dan arahkan ke ruang tunggu yang disediakan oleh perusahaan.

5. Berikan Arahan Secara Jelas

Memberikan arahan secara jelas juga termasuk sikap profesi satpam profesional saat menerima tamu perusahaan. Contohnya, jika ada tamu yang bertanya mengenai ruang rapat, maka berikan arahan yang jelas dan mudah dimengerti oleh tamu.

Meskipun sebelumnya tamu mungkin telah mendapatkan arahan dari resepsionis, namun ada kemungkinan mereka tersesat atau lupa arahan yang diberikan. Maka dari itu, tugas satpam untuk memberi arahan dengan jelas. Agar bisa memberikan arahan dengan jelas, maka satpam harus mengetahui tata letak ruangan yang ada di perusahaan.

Itu dia beberapa sikap satpam yang baik saat ada tamu perusahaan. Selain itu, profesi satpam juga harus menguasai beberapa skill penting lainnya. Oleh karena itu, perusahaan tidak boleh sembarangan menerima karyawan sebagai satpam karena berkaitan dengan keamanan.

Pilih satpam yang benar-benar menguasai skill serta berpengalaman di bidangnya. Percayakan kebutuhan satuan pengamanan di perusahaan Anda kepada jasa pengamanan terbaik di Indonesia, yaitu PT Bravo Satria Perkasa (BSP).

Berpengalaman sejak tahun 1999, PT Bravo Satria Perkasa berhasil menciptakan profesi satpam yang handal dan profesional. Saat ini, BSP melayani berbagai macam kegiatan di bidang keamanan. Mulai dari VIP Guard, investigasi security, event security, jasa pengamanan, pelatihan keamanan, dll.

Share This: