KSATRIA, (BSP)–Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-36 di Mapolda Metro Jaya, pada Minggu (18/12) berlangsung meriah. HUT Satpam tahun ini dimeriahkan dengan Gerak Jalan Satpam dan berbagai hiburan.

Bapak Satpam Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A, dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Satpam di seluruh Indonesia dan berharap ke depan Satpam bisa lebih baik membantu pengamanan.

“Setiap ulang tahun saya mengucapkan selamat kepada Satpam yang bertugas dari Sabang sampai Merauke yang jumlahnya lebih dari Polri sendiri,” tutur Awaloeddin.

Menurut mantan Kapolri ke-8 ini, Satpam berperan penting membantu keamanan Polri. Untuk itu, dia berharap agar para Satpam bangga menjalani profesi.

“Negara akan aman dengan Satpam. Pabrik, mall, perkantoran, perkebunan aman karena Satpam. Saudara harus bangga walaupun dianggap bawahan oleh pimpinan tapi kalian pekerja profesional. Kalian orang penting di negara ini,” seru dia seperti dilansir JurnalSecurity.com.

Di kesempatan itu, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI ke-11 ini berharap supaya ada pelatihan dan pendidikan bagi setiap Satpam supaya dapat bekerja lebih profesional. Sehingga di dalam pelaksanaannya tak melanggar ketentuan Polri.

Ia menegaskan, keberadaan Satpam bukan biaya, melainkan investasi untuk menjaga aset perusahaan. Karena itu, Satpam sangat berperan dalam keamanan negeri ini, terutama di daerah Satpam menjalankan tugasnya.

“Kita jaga nama baik Satpam, jaga profesi bersama Polri. 2017 dengan semangat yang baru,” tambahnya. [FR]