KSATRIA | Batam–Satpam sebagai salah satu garda terdepan dan mempunyai wewenang kepolisian terbatas di tempat kerjanya sangat terdampak wabah covid-19. Pengurangan dan penghentian aktivitas ekonomi berakibat dengan di PHK  atau dirumahkannya satpam di hampir seluruh kota di Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Kepulauan Riau (Kepri) Daeng Syafar mengatakan kegiatan Bakti Sosial ini terselenggara oleh Ditbinmas Polda Kepri, APSI, ABUJAPI dan badanusaha jasa pengamanan (BUJP) di wilayah Kepri.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kebersaamaan dan empati kami kepada anggota satpam yang terkena PHK dan dirumahkan khususnya di Kota Batam. Alhamdulillah acara pembagian paket sembako berjalan lancar, ada 500 paket telah kami bagikan,” ungkapnya kepada Jurnal Security, Sabtu (02/05).

Menurut Syafar, pemberian bakti sosial ini diserahkan langsung oleh Dirbinmas Polda Kepri Kombes Pol. Bambang Sigit secara simbolis kepada satpam yang terdampak covid dan diikuti oleh jajaran kepolisian lainnya.

“Terima kasih kepada para BUJP yang telah ikut berperan serta dalam kelancaran acara ini, begitu juga terima kasih kepada Niko Silitonga yang telah memberikan 90 karung beras dan 560 bungkus gula, semoga kebaikan beliau mendapat pahala dari Tuhan yang Maha Esa,” tuturnya.

Syafar juga memberikan paket sembako secara simbolis kepada Ketua Keluarga Besar Satpam Republik Indonesia (KBS-RI) Hermanto dan Ketua Keluarga Besar Korps Satpam Republik Indonesia (KBKS-RI) Deni Fredian. “Pemberian ini untuk diberikan kepada anggota komunitas yang berdampak,” paparnya.

Menurut catatan APSI, ada sekitar 200 anggota satpam yang di PHK dari BUJP dan sekitar 50 satpam dari Non BUJP. “Sebagian kami antarkan langsung ke rumah satpam yang di PHK, sebagian kami serahkan ke lokasi tempat satpam bertugas,” ujarnya.

Syafar berharap semoga dengan niat dan usaha ini dapat meringankan beban saudara kita anggota satpam yang terdampak. “Kami juga berharap agar anggota satpam yang masih bertugas, agar tetap semangat dan profesional dalam melaksanakan tugas tanpa melupakan kewaspadaan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Umum APSI Azis Said mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BPD APSI Kepri. “Terima kasih Pak Syafar atas upayanya. Semoga dapat membahagiakan para satpam terdampak covid-19 dan Allah swt membalas dengan pahala yang setimpal,” tuturnya.[adm]