KSATRIA | Bandung–Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPD APSI) Jawa Barat menyelenggarakan audiensi ke Dirbinmas Polda Jawa Barat pada Selasa, 09 Juni 2020. Pertemuan diapresiasi oleh Dirbinmas Polda Jabar Kombespol Drs. Yudhi Faizal Hambali, SH MH.

Yudhi dalam arahannya menyatakan, adanya silatuahmi antara DPD APSI dengan staf Binmas, ia menghimbau agar APSI Jabar dapat tumbuh besar di kalangan satpam dan BUJP yang ada di Jawa Barat.

“Serta membantu para satpam sebagai wadah aspirasi pengaduan sehingga satpam yang ada selama ini mempunyai induk organisasi yang terdaftar di Mabes Polri yaitu APSI (Asosiasi Profesi Satpam Indonesia),” ungkapnya di Bandung.

Yudhi menambahkan dalam pertemuan ini, APSI Jabar harus terus bersinergi dengan Polri, baik tingkat Mabes ataupun Polda Jabar, agar terjalin komunikasi yang baik sehingga kita dapat menumbuhkembangkan satpam yang ada di Polda Jabar. “APSI sebagai wadah profesi satpam harus bisa menjembatani, baik terhadap perusahaan maupun anggota satpam,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kedepan Polda Jabar akan terus meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan yang menggunakan satpam dan BUJP yang tidak sesuai dengan Perkap 24 tahun 2007 supaya hak-hak anggota satpam terpenuhi dengan baik.

“Dit binmas Polda Jabar akan terus melakukan upaya mensosialisasikan perkap 24 tahun 2007 sebagai acuan bagi BUJP dan anggota satpam, terhadap perusahaan pengguna satpam supaya tidak terjadi kesalah fahaman,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua APSI Jabar Berman Knoch diwakili oleh Rudi Nursoleh sebagai Ketua 1 dan Darmin Yudha Prawira sebagai sekretaris serta Ajang Supriyadi Sebagi Ketua 2, Didi Djukardi sebagai Biro Sarana dan Prasarana dan R Agus Hamza sebagai Biro Organisasi dan Diklat.

Rudi menyampaikan terimakasih atas kesempatan silaturahmi antara APSI Jabar dengan  Dirbinmas Polda Jabar telah diberi kesempatan untuk audiensi. “Ke depan, APSI Jabar akan mengadakan beberapa program baik tingkat Jabar maupun nasional, Insyaallah setelah pandemi Covid-19 ini kita akan melakukan program untuk membangkitkan APSI Jabar, kami akan selalu berkoordinasi dengan pimpinan Pusat yaitu Ketua Umum APSI, Bapak Azis Said SE,” jelasnya.

Kasubdit Saptam Polda Jabar AKBP Sunarya dalam kesempatan itu membahas tentang kualifikasi satpam baik Gada Pratama, Gada Madya, dan Gada Utama sebagai wadah induk satpamnya adalah  APSI, sehingga semua satpam bisa terorganisir melalui induk APSI, baik yang di BUJP maupun non BUJP atau organik. [Adm]